Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Megono Instan H. Masduki Produksi CV. Anglur Selur Kota Pekalongan

Irma Riskiana, Sri Wahyuningsih, Shofia Nur Awami, Aniya Widiyani

Sari


Kota Pekalongan merupakan daerah yang memiliki beragam kuliner tradisional salah satunya megono instan. Megono instan adalah megono pertama dan satu-satunya yang ada di Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk megono instan. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dengan metode purposive sampling sedangkan penentuan sampel responden menggunakan metode accidental sampling dengan responden berjumlah 100 orang. Analisis data menggunakan analisis Fishbein. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sikap konsumen terhadap produk megono instan bernilai positif dengan skor 119,42 yang menunjukkan sikap konsumen terhadap megono instan H. Masduki berada di skala baik.


Kata Kunci


Instan, megono, sikap konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzan, F.A., Subekti, E., dan Awami, S.N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Impor Di Pasar Johar Kota Semarang (Studi Kasus Buah Apel Fuji dan Jeruk Mandarin). Mediagro, 11(1): 35-46.

Frisdinawati, D., dan Priyono, B. S. (2012). Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Donat Paket Surya Bakery Di Kota Bengkulu. Agrisep, 11(2): 197-203.

Hasan, K.N.S. 2014. Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2): 227-238.

Kotler, P & Armstrong, G. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Keller, K.L. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Terjemahan (Molan Benyamin). Jakarta: PT. Indeks.

Roudloh, U.N., Wahyuningsih, S., Awami, S.N., dan Sasongko, L.A. (2021). Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Buah Pisang (Musa paradisiaca L.) Di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Prosiding. Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis ke-45 UNS Tahun 2021 tema “Membangun Sinergi antar Perguruan Tinggi dan Industri Pertanian dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, tanggal 28 April 2021.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: PT. Alfabet.

Tarigan, A. R., Hadi, S., dan Sayamar, E. (2014). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Buah Lokal Di Pasar Tradisional Arengka Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. 1(1):1-14.

Widiyanti, Wiwik. 2019. Sikap Konsumen Terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala Jurnal Humaniora, 19(1).

Widowati, I., Hartati., & Zaenal, A. 2019. Kemasan Makanan Kuliner Tradisional “Megono” Sebagai Upaya Memperpanjang Waktu Simpan Dan Daya Saing Produk. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 15.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats