Analisis Location Quotient (LQ) Dalam Penentuan Lokasi Basis Tanaman Cabai Merah Besar (Capsicum annuum L.) Di Provinsi Aceh

Reka Dwi Rahmadani, Cut Gustina, Faoeza Hafiz Saragih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi basis dari tanaman cabai merah besar di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh. Penelitian ini dilakukan di 23 Kabupaten/Kota tepatnya di Provinsi Aceh. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Untuk lokasi basis tanaman cabai merah besar di provinsi aceh digunakan analisis Location Quotient dan analisis Index Specialization. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat dua Kabupaten yang memiliki potensi dalam produksi cabai merah besar yaitu Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues. Beberapa Kabupaten/Kota yang tidak berpotensi dalam produksi cabai merah besar yaitu Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Pidie Jaya, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, dan Kota Subulussalam. Serta ada beberapa Kabupaten yang memiliki peluang dalam produksi tanaman cabai merah besar yaitu Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Jaya, dan Kabupaten Bener Meriah.


Kata Kunci


Cabai; Basis; Index Specialization; Location Quotient

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, Ririn. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Sektor Pertanian Di Kabupaten Magelang Pasca Erupsi Merapi. Publikasi Karya Ilmiah. Universitas Muhammadiya Surakarta.

Badan Pusat Statistik Aceh. (2017-2021). Provinsi Aceh Dalam Angka.

.(2021). Statistik Daerah Provinsi Aceh.

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementrian Pertanian. (2019). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Hortikultura Tahun 2020-2024.

Distanbun Aceh Edisi II. (2020). Gampang, Cara Aceh Tingkatkan Ketahanan Pangan.

Jumiyanti, Kalzum R. (2018). Analisis Location Quotient Dalam Penentuan Sektor Basis dan Non Basis di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Gorontalo. Volume 1 No.1. Gorontalo Development.

Marganda, Pinondang Poltak. (2006). Analisis Ekonomi Kelembaaan Informal (Contarct Farming) Dalam Usahatani Nenas Di Kabupaten Subang. Skripsi Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan. Institut Pertanian Bogor.

Pitaloka, diyah. (2017). Hortikultura: Potensi, Pengembangan, dan Tantangan. Jurnal Fakultas Teknik, Ilmu Komputer, dan Agroteknologi. Universitas Islam Raden Rahmat. Volume 1, Nomor 1.

Sumbambhi, Brama Cardio, dkk. (2020). Analisis Location Quotient (LQ) Tanaman Cabai Besar (Capsicum annuum L.) di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Pertanian (JIPERTA). 2(2) 2020:169-179.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats