Potensi Isolat Bakteri Endofit Asal Tanaman Terung Sebagai Antifungi Jamur Patogen (Aspergillus sp. dan Fusarium sp.) pada Benih Jagung (Zea mays) di Penyimpanan

Zakaria Wildan F, Arika Purnawati, Tri Mujoko

Sari


Jagung mempunyai peranan penting dalam penyediaan pangan di Indonesia, sebagai komoditas kedua setelah padi dan merupakan sumber karbohidrat kedua setelah beras. Produksi jagung nasional tahun 2014 adalah 19,0 dan terus meningkat sampai tahun 2018 menjadi 30 juta ton. Diperkirakan 58% kebutuhan jagung dalam negeri digunakan untuk pakan, 30% untuk pangan, sisanya untuk kebutuhan industri dan benih. Meskipun demikian, peningkatan produksi tersebut belum selaras dengan mutu benih karena sampai dengan saat masih banyak ditemukan patogen pada benih utamanya di simpanan. Beberapa patogen penting pada benih jagung di simpanan adalah Aspergillus sp. dan Fusarium sp. yang sangat menurunkan mutu benih karena menurunkan daya kecambah dan menyebabkan penyakit pada benih jagung. Pengendalian kedua patogen tersebut umumnya dilakukan menggunakan fungisida yang berdampak negatif terhadap benih sebagai bahan tanam sehingga digunakan bakteri endofit sebagai alternatif perlakuan pada benih untuk mengeliminir infeksi patogen. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi bakteri endofit dalam mengeliminir infeksi patogen Aspergillus sp. dan Fusarium sp. pada benih jagung di penyimpanan. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kesehatan Tanaman Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur mulai Desember 2021 sampai dengan Februari 2022. Tahapan metode adalah meremajakan isolat bakteri endofit pada medium Nutrient Agar (NA) selanjutnya setelah tumbuh dan berumur 24 jam diperbanyak pada medium Nutrient Broth (NB). Benih jagung diambil dari tempat penyimpanan milik petani di Desa Kuwik, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri secara purposive. Perlakuan dilakukan menggunakan metode inkubasi pada kertas saring yaitu mensterilkan kertas saring, setelah steril melapiskan pada cawan Petri dan dilembabkan. Melakukan perendaman 10 benih jagung dalam 100 ml suspensi bakteri endofit (2,8 x 108cfu/ml) selama 30 menit selanjutnya menanam pada kertas saring, sebagai kontrol 10 benih direndam dalam 100 ml fungisida, menginkubasikan selama 6 hari. Pengamatan meliputi daya kecambah dan intensitas penyakit pada benih jagung. Hasil menunjukkan bahwa rerata perkecambahan adalah 90%, rerata intensitas penyakit adalah 6-10%.


Kata Kunci


antifungi; bakteri endofit; benih jagung; jamur patogen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2015). Produksi Jagung Menurut Provinsi.

Hudoyo, A. dan Nurmayasari. (2019). Peningkatan Produktivitas Jagung di Indonesia. Indonesian J. of Socio Economics. 1(2), 102-108.

Kementerian Pertanian. (2021). Data Statistik Ketahanan Pangan tahun 2020. Jakarta.

Siregar, S.,R. dan M.S. Sari. (2021). Identification of Disease and Pathogen Attack Level on

Corn (Zea mays) in BPP Stabat. Serambi J. of Agricultural Technology. 3(2), 83-90.

Zuhra, R., Hasanuddin, Lisnawita. (2017). Efektivitas Bakteri Endofit sebagai Pupuk Hayati terhadap Pertumbuhan dan Produksi Cabai (Capsicum annuum L.). J. Pertanian Tropik. 4(1), 65-74.

Purnawati, A. dan H. Nirwanto. (2021). Laporan Akhir Penelitian Riset Dasar Lanjutan Tahun Kedua. UPN “Veteran” Jawa Timur.

Kuswanto, H. (2003). Teknologi Pemrosesan, Pengemasan, dan Penyimpanan Benih. Kanisius, Yogyakarta.

Prihatiningsih, N., H. A. Djatmiko, P. Lestari. (2017). Aktivitas Siderofor Bacillus subtilis sebagai Pemacu Pertumbuhan dan Pengendali Patogen Tanaman Terung. J. HPT Tropika. 17 (2), 170-178.

Prihatiningsih, N., H. A. Djatmiko, P. Lestari. (2020). Mekanisme Bakteri Endofit Akar Padi sebagai Pengendali Patogen Hawar Daun Bakteri Padi. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X. Hal : 30-34.

Waqas, M., A. L. Khan, M. Hamayun, M. Kamran, S. M. Kang, Y. H. Kim, I. J. Lee. (2012). Assessment of Endophytic Fungi Cultural Filtrate on Soybean Seed Germination. African J. of Biotech. 11(85), 15135-15143.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats