Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Tanaman Brokoli (Brassica oleracea L) di Kelompok Tani Tranggulasi Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Bella Yulia Megawati, Sri Wahyuningsih, Istanto Istanto, Renan Subantoro

Sari


Brokoli merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia khususnya di Kabupaten Semarang yang merupakan salah satu tempat budidaya brokoli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pasca panen terhadap pemasaran, saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran yang ditinjau dari margin maupun farmer’s share. Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah dekriptif analisis. Pengambilan sampel lokasi dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode pengambilan sampel responden menggunakan metode snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian pasca panen sangat berpengaruh terhadap proses pemasaran, dimana penanganan yang benar dapat menjaga kualitas dan kuantitas brokoli yang nantinya berpengaruh pada harga jual dan dapat masuk pada pasar modern dengan baik. Saluran pemasaran yang terdapat pada Kelompok Tani Tranggulasi memiliki dua saluran pemasaran yaitu saluran tingkat I dan saluran tingkat II. Efisiensi pemasaran saluran tingkat I sebesar 10.67%, farmer’s share 59.78% dan total margin pemasaran Rp. 23,550/kg. Selanjutnya efisiensi saluran tingkat II sebesar 10.77%, farmer’s share 54.60% dan total margin Rp.24,950/kg. Dapat dikatakan saluran pemasaran yang ada di Kelompok Tani Tranggulasi Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang sudah efisien.


Kata Kunci


Efisiensi pemasaran; Farmer’s Share; Margin pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kotler, P & Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Melinium. Jakarta: Prehnhalindo.

Novianto, F.W. & E. Setyowati. (2009). Analisis produksi padi organik di Kabupaten Sragen. J. Ekonomi Pembangunan. 10(2), 267-288.

Rahim, A & Hastuti, DRD. 2007. Ekonomi Pertanian. Jakarta: Penebar Swadya.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Malang: UMM Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soekarwati. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindon Persada..


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats