Pengawasan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang Beredar di Kabupaten Purworejo

Agus Setiawan

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan keamanan dan mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di peredaran (post market) di Kabupaten Purworejo  dan merumuskan alternatif strategi yang dapat dilakukan dalam pengawasan keamanan PSAT di peredaran untuk perlindungan konsumen di masa yang akan datang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari  sampai April  2022 di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo . Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan keamanan dan mutu PSAT di peredaran yang dilaksanakan melalui pengawasan berkala dan pengawasan khusus. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kandungan cemaran biologi, kimia dan benda lain atas contoh PSAT hasil pengawasan di peredaran masih aman yaitu di bawah batas maksimum residu/cemaran. Alternatif strategi yang dapat dilakukan dalam pengawasan keamanan PSAT di peredaran adalah: (1) melaksanakan analisis resiko secara komprehensif; (2) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi pengawas; (3) menambah sarana prasarana pengujian laboratorium untuk memperluas ruang lingkup pengujian; (4) meningkatkan sosialisasi dan edukasi secara kepada konsumen; serta (5) meningkatkan kapasitas kelembagaan pengawas PSAT.  


Kata Kunci


Kabupaten Purworejo; pengawasan pangan; PSAT; SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anafarhanah, Sri. (2017). Peran Pengawasan Konsumen Dalam Transaksi Bisnis Online. Jurnal Alhadharah. 16(32), 89-107.

Anonim .(2021). Pedoman Pengawasan Keamanan dan Mutu Pangan Segar Tahun 2022. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Bradford, Robert.W., Duncan Peter J., Tarcy, Brian. (2004). Simplified Strategic Planning: A No-Nonsense Guide for Busy People Who Want Result Fast. www.quickmba.com/strategy/swot diakses 14 Januari 2020.

Hariyadi, Purwiyatno. (2018). Tantangan Ganda Bagi Pembangunan Kesehatan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional dan Diseminasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya.p-ISBN 978-602-51817-1-9 (e-ISBN 978-602-51817-0-2). Hal1 – 4.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Pertanian Nomor 53 /Permentan/KR.040/12/2018 tentang Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan. Berita Negara RI Tahun 2019 Nomor 7. Jakarta.

Mardiah dan Ernawaty. (2014). Pelaksanaan Pengawasan Terhadap Produk Makanan Impor Oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Vol.1 Nomor 1. ISSN 2355 - 6919.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats