Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Keputusan Petani dalam Memilih Budidaya Tembakau di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali

Muhamad Wahid Agung Saputro, Eny Lestari, Putri Permatasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani, dan pengaruh antara faktor-faktor keputusan petani terhadap pengambilan keputusan petani dalam memilih budidaya tembakau di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilakukan dengan teknik kuantitatif dengan teknik survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh 98 sampel. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Variabel umur, pengalaman, dan luas lahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan petani dalam memilih budidaya tembakau. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani secara simultan berpengaruh terhadap keputusan petani dalam memilih budidaya tembakau di Kecamatan Selo.


Kata Kunci


budidaya; keputusan petani; tembakau

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hayati, M., & Maisaroh, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani dalam Pemilihan Komoditas (Studi Kasus Pada Tanaman Tembakau dan Padi Di Kabupaten Pamekasan). Pamator Journal, 12(2), 84-92.

Manatar, M. P., Laoh, E. H., & Mandei, J. R. (2017). Pengaruh status penguasaan lahan terhadap pendapatan petani padi di Desa Tumani, Kecamatan Maesaan, kabupaten Minahasa Selatan. AGRI-SOSIOEKONOMI, 13(1), 55-64.

Puspa, D., Wibowo, R., & Ridjal, J. A. (2018). Manajemen Usahatani dan Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Petani Padi Organik di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 2(4), 279-292.

Rahman, M., & Widodo, S. (2015). Dampak kebijakan anti tembakau terhadap strategi nafkah petani tembakau madura (Studi Kasus Desa Panaguan Kecamatan Proppo Pamekasan). Media Trend, 10(2), 114-124.

Samaelo, S. K. D., Novita, A. R., Arsyad, M., & Bakri, R. Analisis Keputusan Petani pada Usahatani Kedelai.

Suratiyah, K. (2006). Ilmu usahatani. Penebar Swadaya Grup.

Susanto, H. Kajian Pemetaan (Mapping) Potensi Tembakau dan Turunannya di Kabupaten Grobogan. Journal of Rural and Development, 3(2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats