Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Jatisari

Aditya Surya Pratama, Agustin Ayu Saputri, Alifiah Aziizah Filjannah, Cormaria Hafsah Chandrasiwi, Eko Prayogi, Fajar Puji Charisma, Ghani Nurdiansyah, Muhammad Priyo Utomo, Shofiya Nabila Salsabila, Erlyna Wida Riptanti

Sari


Sampah organik yang berasal dari rumah tangga di Desa Jatisari selama ini belum dimanfaatkan sehingga menimbulkan bau bagi lingkungan sekitarnya. Pembuatan pupuk organik cair khususnya dari sampah organik rumah tangga bertujuan untuk memanfaatkan limbah rumah tangga yang melimpah dan tak terurus sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik cair, serta pemberian bioaktivator Effective Microorganisms (EM4). Metode pembuatan pupuk organik cair ini yaitu sampah organik rumah tangga seperti sisa sayuran, kulit buah, dan lainnya dipisahkan dari sampah anorganik. Kemudian bioaktivator EM4 disiapkan di dalam sprayer. Sampah organik dirajang dan dimasukkan ke dalam komposter, larutan bioaktivator EM4 kemudian disemprotkan ke dalam komposter secara merata. Hasil kegiatan diperolehnya pupuk organik cair (POC) yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pemupukan berbagai jenis tanaman yang sedang dibudidayakan. Sampah organic dapat diolah dengan baik sehingga mengurangi bau yang tidak sedap. Diharapkan dengan introduksi pembuatan POC ini, masyarakat di Desa Jatisari dapat membuat POC sendiri dan menghemat biaya pembelian pupuk.


Kata Kunci


sampah organic; EM4; POC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS. 2021. Wonogiri Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri. Wonogiri

Buhani, B. (2018). Pengolahan Sampah Rumah Tangga Berbasis Partisipasi Aktif dari Masyarakat Melalui Penerapan Metode 4Rp untuk Menghasilkan Kompos. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–13.

Hadisuwito, S. (2007). Membuat Pupuk Kompos Cair. Redaksi AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Kasmawan, I.G.A., Sutapa, G.N., Yuliara, I.M. (2018). Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Teknologi Komposting Sederhana. Buletin Udayana Mengabdi, 17 (2), 67-72.

Krisnani, H., Humaedi, S., Ferdryansyah, M., Asiah, D. H. S., Basar, G. G. K., Sulastri, S. R. I., & Mulyana, N. (2017). Perubahan Pola Pikir Masyarakat Mengenai Sampah Melalui Pengolahan Sampah Organik Dan Non Organik Di Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kab. Sumedang. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 281-289.

Nalhadi, A., Syarifudin, Habibi, F., Fatah, A., Supriyadi. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(10), 43-46.

Nur, T., Noor, A. R. dan Elma, M. 2016. Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Sampah Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator EM4 (Effective microorganisms). Konversi, 5(2), 44-51.

Putra, B. W. R. I. H., dan Ratnawati, R. 2019. Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Buah Dengan Penambahan Bioaktivator EM4. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan. 11(1): 44-56.

Rasmito, A., Hutomo, A., Hartono, A.P. (2019). Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Cara Fermentasi Limbah Cair Tahu, Starter Filtrasi Kulit Pisang dan Kubis, dan Bioaktivator EM4. Jurnal Iptek Media Komunikasi Tehnologi, 23(1), 55-62.

Riptanti, E.W. dan Pratitis, W. 2016. Optimalisasi Pemanfaatan Urine Sapi Menjadi Pupuk Dan Pestisida Organik Cair Di Kelompok Ternak “Subur Makmur”. Jurnal DIANMAS, 5(2), 133-140.

Roidah, I.S. 2013. Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Bonorowo, 1(1), 30-42.

Safirul, B. I., Fauzi, M., dan Ismail, T. (2012). Desain Proses Pengelolaan Limbah Vinasse dengan Metode Pemekatan dan Pembakaran Pada Pabrik Gula –Alkohol Terintegrasi. Jurnal Teknik POMITS, 1 (1), 1-6.

Sandika, I.K.B., Ekayana, A.A.G., Suryana, I.G.P.E. (2018). Edukasi Pengelolaan Sampah kepada Masyarakat di Desa Pecatu. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1(1): 61-68.

Sholikhah, U., Magfiroh, I.S., Fanata, W.I.D. (2018). Pemanfaaatan Limbah Urine Kelinci Menjadi Pupuk Organik Cair (POC). AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(2), 204-208.

Widyabudiningsih, D., Troskialina, L., Fauziah, S., Shalihatunnisa, Riniati, Djenar, N. S., Hulupi, M., Indrawati, L., Fauzan, A., Abdilah, F. (2021). Pembuatan dan Pengujian Pupuk Organik Cair dari Limbah Kulit Buah-buahan dengan Penambahan Bioaktivator EM4 dan Variasi Waktu Fermentasi. Indonesian Journal of Chemical Analysis, 4(1), 30-39.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats