Potensi Dan Tantangan Sumberdaya Perikanan Di Kawasan Pesisir Jawa Timur

Soetriono Soetriono, Ariq Dewi Maharani, Rita Hanafie, Dimas Bahtara Zahrosa

Sari


Pemanfaatan sumberdaya hasil perikanan secara efisien dan terpadu sangat diperlukan. Penanganan hasil perikanan di wilayah pesisir sangat penting dan berpengaruh terhadap pendapatan nelayan baik skala kecil maupun skala besar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sumberdaya perikanan, faktor penghambat dan pendorong pengembangan sumberdaya perikanan di kawasan pesisir Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Pesisir Jawa Timur yaitu Kabupaten Situbondo, Banyuwangi, Malang dan Trenggalek. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan pendekatam Force Field Analysis (FFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi sumberdaya perikanan di Kawasan pesisir beragam dan menghasilkan produk hasil olahan perikanan yang bervariatif. Tantangan sumberdaya perikanan dan strategi pengembangannya juga beragam tergantung pada potensi perikanan. Hasil ikan tangkapan di wilayah pesisir adalah ikan tongkol. Produk hasil olahan perikanan yang dihasilkan sebagian besar diolah menjadi abon ikan.


Kata Kunci


sumberdaya perikanan; pesisir; FFA; strategi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amam, A., Soejono, D., Zahrosa, D. B., Maharani, A. D. (2021). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dengan Pendekatan Force Field Analysis. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 139–149.

Fama, A. (2016). Komunitas Masyarakat Pesisir di Tambak Lorok, Semarang. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(2), 65–75.

Hajar, S., Tanjung, I. S., Tanjung, Y. (2018). Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Pesisir. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Mangalla, E. (2021). Analisis Yuridis Mengenai Pengelolaan Wilayah Pesisir Yang Berkelanjutan Menurut UU NO. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Lex Administratum, 9(7).

Muharuddin, M. (2019). Peran Dan Fungsi Pemerintah Dalam Penanggulangan Kerusakan Lingkungan. JUSTISI, 5(2), 97–112.

Soetriono, R. H., Hanafie, R. (2007). Filsafat ilmu dan metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi.

Soetriono, S., Soejono, D., Zahrosa, D. B., Maharani, A. D. (2019). Model Pengembangan Industri Kreatif di Wilayah Pesisir Pantai Kabupaten Sumenep. CAKRAWALA, 13(1).

Soetriono, S., Soejono, D., Zahrosa, D. B., Maharani, A. D., Hanafie, R. (2019). Strategy and policy for strengthening the agricultural cooperative business in East Java, Indonesia. Journal of Socioeconomics and Development, 2(1), 12–22.

Zahrosa, D. B., Maharani, A. D., Amam, A. (2021). Performa Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) di Kabupaten Lumajang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(3), 935–949.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats