Sumber Daya Air di Pulau-Pulau Kecil : Pola Pemanfaatan Air di Pulau Karimunjawa, Taman Nasional Karimunjawa

Susi Sumaryati, Puji Prihatinningsih, Kristiawan Kristiawan, Kuswadi Kuswadi

Sari


Taman Nasional Karimunjawa merupakan kepulauan yang terdapat di Pantai Utara Laut Jawa. Kepulauan ini dihuni oleh 9789 jiwa, dengan jumlah penduduk tersebut kebutuhan air menjadi tantangan dalam pemenuhannya. Di Kepulauan Karimunjawa terdapat satu Pulau yaitu Pulau Karimunjawa yang memiliki hutan hujan tropis dataran rendah pada ketinggian 506 dpl. Di dalam hutan ini terdapat sumber air yang digunakan oleh penduduk yang tinggal di Pulau Karimunjawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemanfaatan air di Pulau Karimunjawa. Metode yang digunakan adalah survei sumber air dan desk study. Survei dilakukan untuk mendapatkan data mengenai lokasi sumber air, debit air, pemanfaatan oleh masyarakat sekitar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil survei dapat diketahui bahwa terdapat 13 sumber mata air yang tersebar di Pulau Karimunjawa, enam diantaranya berada di dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa yaitu di Legon Lele, Cikmas, Makam Nyamplungan, Legon Goprak dan Alang-alang. Berdasarkan sistem zonasi Taman Nasional Karimunjawa, keenam sumber air tersebut berada di tiga zona yaitu Zona Pemanfaatan Darat, Zona Rimba, dan Zona Religi. Sumber air di pulau ini tidak memiliki cekungan air tanah, sehingga debit air berfluktuasi dengan bergantung pada curah hujan. Sumber air ini selain digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari juga dimanfaatkan untuk hotel, penginapan, lokasi wisata, warung makan, tempat ibadah, dan sekolah.

Kata Kunci


pulau-pulau kecil, sumber daya air, taman nasional, pola pemanfaatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Balai Taman Nasional Karimunjawa. (2020). Statistik Balai Taman Nasional Karimunjawa. Semarang: Balai Taman Nasional Karimunjawa.

BPS Kabupaten Jepara. (2021). Kecamatan Karimunjawa Dalam Angka 2021. Jepara: BPS Kabupaten Jepara.

Kay, R., & Alder, J. (1999). Coastal Planning and Management. London and New York: E & FN spon.

Marganingrum, D., & Sudrajat, Y. (2018, Desember). Estimasi Daya Dukung Sumber Daya Air di Pulau-Pulau Kecil (Studi Kasus Pulau Pari). Jurnal Wilayah dan Lingkungan Volume 6, hal. 164-182.

Nababan, M., Munasik, Yulianto, I., Kartawijaya, T., Prasetia, R., Ardiwijaya, et al. (2010). Status Ekosistem di Taman Nasional Karimunjawa. Bogor: Wildlife Conservation Society-Indonesia Program.

Prihatinningsih, P., Kristiawan, Khoirul, L., & Mulyadi. (2018). Inventarisasi Sumber Daya Air di Taman Nasional Karimunjawa. Semarang: Balai Taman Nasional Karimunjawa.

Rimayanti, R., Tarigan, S., Muttaqin, A., Rohman, E., Nurcahyadi, M., Muttaqin, E., et al. (2020). Laporan Teknis: Kajian Dampak Wisata Bahari dan Daya Dukung Lokasi Wisata di Taman Nasional Karimunjawa Karimunjawa 2020. Bogor: Wildlife Conservation Society - Indonesia Program.

Taman Nasional Karimunjawa. (2010). Kajian Nilai Ekonomi Pemanfaatan Sumber Daya Air Taman Nasional Karimunjawa. Semarang: CV.Prambanan.

Taman Nasional Karimunjawa. (2017). Rencana Pengelolaan Jangka Panjang Taman Nasional Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah Tahun 2018 - 2027. Semarang: Balai Taman Nasional Karimunjawa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats