[Pemanfaatan Teknologi Spasial Dalam Pengembangan Tanaman Hortikultura Untuk Menunjang Pariwisata Di Pantai Timur Minahasa] : Review

Sandra E. Pekasi, Wiske Rotinsulu, Juliet E. Mamahit

Sari


Tanaman hortikultura khususnya buah buahan tropis yang ada di Pantai Timur Minahasa yaitu mangga, manggis, lansat dan durian umumnya hanya diusahakan untuk konsumsi sendiri. Seiring dengan dibangunnya infrastruktur jaringan jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo maka Pantai Timur Minahasa menjadi terbuka. Keindahan pantainya merupakan atraksi alam yang tersembunyi selama ini, menjadi ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Pengembangan tanaman hortikultura di daerah ini sangat diperlukan, karena bukan hanya menunjang kebutuhan pariwisata untuk dikonsumsi bahkan menjadi buah tangan pengunjung, tetapi dapat juga meningkatkan pendapatan petani buah ataupun masyarakat yang menjualnya. Tujuan penelitian adalah mendapatkan peta rencana pengembangan tanaman hortikultura untuk menunjang pariwisata di pantai Timur Minahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan memanfatkan teknologi spasial dimana menghasilkan informasi berbasis geografis yang akan menunjukkan luasan penyebaran penggunaan lahan pertanian hortikultura serta titik titik lokasi pariwisata di Pantai Timur Minahasa. Hasil penelitian diperoleh “Peta Penyebaran Pengembangan Tanaman Hortikultura di Pantai Timur Minahasa” seluas 363.52 Ha menyebar pada beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Kombi seluas 119.20 Ha, Kecamatan Lembean Timur seluas 74.82 Ha , Kecamatan Kakas seluas 61.04 Ha, Kecamatan Kakas Barat seluas 45.22 Ha serta Kecamatan Langowan Selatan seluas 63.24 Ha. Lahan yang tersedia tersebut dapat ditanami 36352 bibit pohon mangga, manggis, lansat atau durian.


Kata Kunci


teknologi spasial, hortikultura

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim . 2021. BPPS Sulawesi Utara

Badan Agribisnis Departemen Pertanian. 1991. Invertasi Agribisnis Komoditas Unggulan Tanaman Pangan dan Holtikultura. Kanisius. Yogyakarta.

F Efratha, S Pakasi, T Titah, J Najoan. 2020. Pemetaan Sifat Fisik dan Kimia Tanah Pada Lahan Persawahan Di Kecamatan Kotamobagu Timur. Cocos E- Journal.

Febrianti N, I Yunianto, R Dhaniaputri. 2015. Kandungan Antioksi dan Asam Askorbat pada Jus Buah-Buahan Tropis. Jurnal Bioedukatika Vol.3 No. 1 Mei 2015.

Keele,1997,”An Introduction to GIS using ArcView : Tutorial”,Issue 1,Spring 1997 based on Arcview release 3.

Prahasta, E. 2005. Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar. Bandung: Informatika.

Riyanto., Ekaputra, P., Indelarko, H. 2019. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web. Yokyakarta: Gava Media.

Tuman, 2001, “Overview of GIS”,

http://www.gisdevelopment.net/tutorials/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats