Segmentasi Pasar Produk Olahan Carica di Pusat Kota Kabupaten Wonosobo

Muhammad Syafiq, Endang Siti Rahayu, Joko Sutrisno

Sari


Pertanian terbagi menjadi berbagai macam sektor yang dalam masing-masing sektor mempunyai bidang yang spesifik dalam pengelolaannya. Agribisnis merupakan salah satu sektor yang masuk dalam pertanian. Agribisnis merupakan usaha yang menggunakan potensi alam yang ada di dalam seluruh wilayah di Indonesia. Potensi tersebut dijadikan sebagai komoditas utama yang dapat dilakukan di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Wilayah tersebut memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda antara wilayah satu dengan yang lainnya sehingga pada suatu kondisi bisa menjadi komoditas utama unggulan yang tidak dimiliki dan dihasilkan di wilayah lain. Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu wilayah yang memiliki komoditas utama dan unggulan yang hanya dapat tumbuh dan berkembang pada dataran tinggi dieng yaitu carica. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar yang berpengaruh terhadap konsumen produk olahan carica. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif, dengan menggunakan 96 sampel responden. Pengambilan data diambil melalui kuisioner. Responden diambil dari dua lokasi di pusat kota Kabupaten Wonosobo yaitu Alun-Alun Wonosobo dan Toko Oleh-Oleh di pusat kota Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian mengemukakan bahwa semua variabel bebas yaitu Usia responden, Pendidikan terakhir responden, Pekerjaan responden, Pengeluaran Tiap Bulan, Jumlah Anggota Keluarga, Jumlah Pembelian Produk, Jarak Lokasi Pembelian dengan Domisili, Pengeluaran dalam membeli produk dan Iklim berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap lokasi pembelian olahan carica di Pusat Kota Kabupaten Wonosobo.


Kata Kunci


olahan carica, segmentasi pasar, usaha agribisnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Kabupaten Wonosobo, 2020. Kabupaten Wonosobo Dalam Angka 2020. BPS Wonosobo

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Gindi, A.A. et al.s 2015. Segmentation of Fresh Vegetable Shoppers by Product and Store Attributes Consedered for Fresh Vegetable Purchase in Klang Valley Malaysia. Journal of Agriculture and Veterinary Science. Volume 8, Issue 2 Ver II Halaman 60-67

Ginting, M.S.Br. et al (2015). Analisis Segmentasi Pasar Wisatawan Mancanegara Yang Berkunjung Ke Bali Dari Aspek Sosio-ekonomi, Demografi, Psikografi dan Perilaku. Jurnal IPTA. Vol. 3 No. 2Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Rumengan, Marlen Meilani. 2015. Kajian Kinerja Agribisnis Strawberry Organik. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado

Safira, V et al. 2018. Analisis Segmentasi Pasar Demografis Produk Susu Cair Kemasan Kotak (Studi Kasus Di Giant Hypermarket Maspion Surabaya). Jurnal Berkala Ilmiah Agribisnis AGRIDEVINA : Vol. 7No. 2, Desember 2018

Swastha, Basu. 2011. Materi Pokok Manajemen Pemasaran. Jakarta : Universitas Terbuka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats