Pemanfaatan Mikroorganisme Lokal (MOL) Sebagai Inokulan Fermentasi Limbah Ekstrak Gambir (Uncaria gambir Roxb) untuk Bahan Pakan Ternak

Roni Yulianto, Wildan Jadmiko, Gusna Merina

Sari


Upaya untuk menekan biaya produksi salah satunya dengan meminimalisir kebutuhan biaya pakan, agar peternak mendapatkan keuntungan dari usaha peternakan. Salah satu cara untuk memenuhi ketersediaan bahan pakan secara kualitas dan kuantitas adalah dengan memanfaatkan limbah hasil pertanian untuk dijadikan pakan ternak. Adapun parameter yang diamati pada penelitian ini adalah degradasi Protein Kasar (PK), Produksi NH3. Degradasi Serat Kasar (SK) dan Produksi VFA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui degradasi Protein Kasar (PK), Produksi NH3. Degradasi Serat Kasar (SK) dan Produksi VFALEG (Limbah Ekstraksi Gambir) yang difermentasi dengan Mikroorganisme Lokal (MOL) in-vitro. Materi dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah LEG, MOL, air cucian beras, dedak halus, mikroba rumen, larutan buffer Mc Dougall, rak fermentasi, garam, gula merah, plastik dan seperangkat alat untuk uji in-vitro. Perlakuan yang diuji adalah faktor A: Penambahan dedak dalam LEG A1 (0% Dedak + 100% LEG), A2 (10% Dedak + 90% LEG), A3 (80% Dedak + 20% LEG) dan faktor B: lama fermentasi B1 (5 Hari), B2 (10 Hari), dan B3 (15 Hari). Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan pola Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3x4 dengan 2 ulangan untuk setiap kombinasi perlakuan. Apabila terdapat perbedaan antara perlakuan maka diuji lebih lanjut dengan Ducans Multiple Range Test (DMRT). Berdasarkan analisis statistik menunjukan bahwa penggunaan dedak dan lama fermentasi memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap degradasi PK di rumen in-vitro dan berpengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap Produksi NH3. Degradasi Serat Kasar (SK) dan Produksi VFA.Kesimpulan dari penelitian ini adalah LEG yang difermentasi dengan MOL menunjukan hasil berbeda tidak nyata terhadap degradasi PK, sedangkan Produksi NH3. Degradasi Serat Kasar (SK) dan Produksi VFA meningkat dari LEG yang difermentasi dengan MOL tanpa penambahan dedak, sehingga dapat digunakan sebagai pakan ternak ruminant.


Kata Kunci


mikroorganisme lokal (MOL), degradasi PK, NH3, degradasi SK dan produksi VFA.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwijoseputro, D. (1990). Dasar-dasar Mikrobiologi. Yogyakarta: KP4 dan BPFE Press.

Fardiaz, D. 1988. Fermentation fisiology. Journal Agric Science 3(1):34-40.

Harrison D.G., D.E. Beever, D.J. Thomson and D.F.A. Oysborn. (1975). Manipulation of rumen fermentation in-vitro sheep by increasing the rate of water from the rumen J. Agirc. Sc. Camb. 85:93.

Mangan J.L. (1982). The Nitrogenous constituents of fresh forage In: Forage protein in ruminant animal. Britis Soc. An. Production 6: 69-76.

Mehrez, A.Z and E.R. Orskov. (1977). A study of the artificial fiber bag technic for dertmining the digestibility of feed in the Rument. J. agric, Sci. Camb 88: 645-650.

Steel, R.G.D and. J.H. Torrie. (1985). In situ estimated ruminal protein and energy digestibility J. Dairy Sci. 71: 30-38.

Sutardi, T. (1979). Standarisasi Mutu Protein Makanan Ruminansia Berdasarkan Parameter Metabolismenya Oleh Mikroba Rumen. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Nasional Akademik Science, 6(34-40)

Tillman, A.D. (1989). Ilmu Makanan Ternak Dasar. Fakultas Peternakan.Universitas Gajah Mada. Jogjakarta 3(3-13).

Yulianto R, Widodo N, Widianingrum D.C, Khasanah H. (2021). Bioteknologi fermentasi jerami padi tinggi nutrisi, guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan peternak di Desa Kalibendo. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia) 2(1):23-32.

Yulianto R, Xuan T.D, Kawamura K, Lim J, Yoshitoshi R, Xinyan F, Zhe G. (2016). Abundance frequency of plant species as animal feeds to determine ideal cattle grazing. International Letters of Natural Sciences 58: 70-76.

Yulianto, R., Xuan, T.D, Khanh, T.D., Minh, T.N., Anh, T.T.T., Huong, C.T. 2017. Evaluation of dominant plant species for animal feeds in grazing areas. International Journal of Agriculture, Forestry and Fisheries. 5(3): 29-33.

Yulianto, R., Nur Widodo, Widianingrum, D.C., Khasanah, H. (2022). Budidaya rumput odot dan teknologi pengawetan hijauan pakan ternak sapi di Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang. Jurnal JKPMI. 3 (1): 27-37.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats