Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani dalam Pemanfaatan Pekarangan Melalui Program KRPL di Kalimantan Timur

Muhamad Rizal

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap partisipasi anggota Kelompok Wanita Tani dalam pemanfaatan pekarangan melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok wanita tani di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Pada tahun 2021. Sampel penelitian sebanyak 200 responden yang diambil secara simple random sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengruh signifikan dalam pemanfaatan pekarangan melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari dengan ɑ = 5% adalah peran ketua kelompok, dan keaktifan wanita tani pada ɑ = 10%.


Kata Kunci


Kalimantan Timur, kawasan rumah pangan lestari, kelompok wanita tani, partisipasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPTP Balitbangtan Kaltim. (2012). Petunjuk Teknis Pengembangan Modal Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Kalimantan Timur.

Dinas Pertanian Kalimantan Timur. (2014). Kebijakan Program Ketahanan Pangan di Kalimantan Timur. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kalimantan Timur.Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur.

Fiana Yosita. (2015). Laporan Kegiatan M-KRPL BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur Tahun 2015. BPTP Balitbangtan Kaltim.

Hariadi, S. S. (2011). Dinamika Kelompok: Teori dan Aplikasinya untuk Analisis Keberhasilan Kelompok Tani sebagai Unit Belajar, Kerjasama, roduksi, dan Bisnis. Yogyakarta: Sekolah Pasca Sarjana Universita Gadjah Mada.

Kementerian Pertanian. (2011). Pedoman Umum Model Kawasan RumahPangan Lestari. Sekretariat Badan Litbang Pertanian. Jakarta Selatan.

Mardikanto, T. (2009). Sistem Penyuluhan Pertanian. Kerjasama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Mardiharini, M., Ketut Kariyasa, Zakiah, Dalmadi dan Agung Susakti. (2011). Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. BBP2TP. Bogor.

Nurkholipah. (2014). Adopsi Teknologi Budidaya Sorgum di Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Fakultas Pertanian. Universitas Gadjah Mada. Skripsi.

Sajogyo, Pujiwati. (1984). Peranan Wanita Dalam Perkembangan Ekonomi. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats