Strategi Pengembangan Subsektor Peternakan di Kabupaten Purworejo

Agus Setiawan, Budi Guntoro, Tri Sakti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pengembangan subsektor peternakan di Kabupaten Purworejo menggunakan analisis SWOT dan matrik IFAS-EFAS yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan sub sektor peternakan di Kabupaten Purworejo berdasar dari analisis SWOT  yang diolah dengan  matrik IFAS-EFAS menunjukan bahwa strategi yang di gunakan yaitu pada kuadran I, artinya menggunakan strategi agresif, yakni: menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu melalui intensifikasi budidaya peternakan, optimalisasi penggunaan teknologi tepat guna di bidang peternakan, pemberdayaan petani peternak, , budidaya dan pembangunan pasar ternak, serta penetapan kawasan dan sentra-sentra usaha peternakan.


Kata Kunci


strategi pengembangan, analisis SWOT, subsektor pertanian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2020). Purworejo Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Purworejo.

Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo. (2016). Rencana Strategis Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo tahun 2016-2021.

Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Purworejo Tahun 2016-2021.

Pearson, S. Carl, G. Bahri, S. (2005). Applications of the Policy Analysis Matrix in Indonesian Agriculture, Yayasan Obor Indonesia Jakarta.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Robinson,P. (1997). Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Binarupa, Jakarta.

Saragih, J. T. dan Suryadi, E. (2014). Strategi bersaing PT. PGN (Persero) Tbk. SBU Distribusi Wilayah 1. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 109-120.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Yusdja, Y., Ilham, N. (2006). Arah kebijakan pembangunan peternakan rakyat. Analisis Kebijakan Pertanian 4(1), 18-38.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats