Karakteristik Sensori dan Daya Terima Roti Tawar dengan Penambahan Jantung Pisang

Annisa Eva Salsabila Anwar, U. Yuyun Triastuti

Sari


Penambahan Jantung Pisang pada pembuatan roti tawar diharapkan menjadi inovasi baru pada produk roti tawar yang tentunya lebih banyak memiliki manfaat. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui formula dan cara mengolah untuk membuat roti tawar jantung pisang. 2) Mengetahui karakteristik roti tawar jantung pisang. 3) Mengetahui daya terima masyarakat pada roti tawar jantung pisang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kepustakaan, dokumentasi, eksperimen, dan uji hedonik. Eksperimen pembuatan roti tawar jantung pisang dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Seni Kuliner Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini, Jalan Sultan Agung, No. 77, Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali percobaan, yaitu yang pertama menggantikan 20% dari total tepung terigu, yang kedua 30% dari total tepung terigu, yang ketiga 40% dari total tepung terigu. Dimana total tepung terigu yaitu 100% dari setiap formula resep roti tawar. Pengolahan roti tawar jantung pisang menggunakan sistem no time dough (cara cepat). Hasil penelitian ini menunjukkan produk roti tawar dengan penambahan jantung pisang memiliki karakteristik sensori meliputi rasa roti tawar pada umumnya, warna coklat keabuan lebih tua, keabuan agak tua, dan keabuan muda, aroma khas roti tawar, serta tekstur kurang lembut, lumayan lembut, dan lembut. Daya terima panelis terhadap produk roti tawar melalui hasil uji hedonik menunjukkan bahwa yang paling disukai panelis yaitu roti tawar dengan penambahan jantung pisang sebanyak 20% dan 30%.

Kata Kunci


Jantung pisang, roti tawar, karakteristik sensori

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astija, dan Djaswintari. (2020). Analisis Kandungan Lemak Abon yang Dibuat dari Jantung Pisang. Nutrion Collage, 9(4), 241-246.

Khoirunisa, H., Nasrulloh, N., dan Maryusman, T. (2019). Karakteristik Sensoris dan Kandungan Serat Biskuit dari Jantung Pisang (Musa paradisiaca) sebagai Makanan Selingan Anak Obesitas. Jurnal penelitian, 1(2), 93-100.

Pusuma, D. A., Praptiningsih, Y., dan Chiron, M. (2018). Karakteristik Roti Tawar Kaya Serat yang Disubstitusi Menggunakn Tepung Ampas Kelapa. Jurnal Agroteknologi, 12(1), 29-42.

Sulistiyati, T. D., Suprayitno, E., & Anggita, D. T. (2017). Substitusi Jantung Pisang Kepok Kuning (Musa Paradisiaca) sebagai Sumber Serat Terhadap Karakteristik Organoleptik Dendeng Ikan Gabus. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 9(2), 78-90.

Triastuti, U. Y., Priyanti, E., Diana, T. R., & Kurnianingsih. (2018, Mei). Krekes Jantung Pisang sebagai Usaha Diversifikasi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. Home Economic, 9(4), 241-246.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats