Penerapan Urban Agriculture melalui Teknik Budidaya Tanaman Microgreen untuk Mendukung Ketahanan Pangan Keluarga

Zakiyah Amini, R. Eviyati, Dina Dwirayani

Sari


Microgreen merupakan tanaman mini yang memiliki banyak manfaatnya. Microgreens berasal dari kata micro (kecil) dan greens (hijauan ) sehingga tanaman hijau yang masih kecil yang dipanen pada 7 hari sampai dengan 14 hari. Namun belum banyak warga yang mengetahui dan menanam tanaman ini. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon melakukan pendampingan kepada Ibu-Ibu warga Perumahan Bumi Arum Sari tentang teknik budidaya tanaman microgreens. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan edukasi selama pandemi Covid-19 agar warga memiliki kegiatan positif saat dirumah dengan berkebun dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Kegiatan berkebun dapat meningkatan imunitas tubuh selain mengkonsumi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung mineral, antioksidan dan vitamin tinggi. Budidaya tanaman microgreens sangat mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas bahkan bisa ditanam di dalam rumah. Kita dapat menanam microgreen dari berbagai jenis tanaman sayuran seperti, brokoli, pakcoy, bayam, seledri, kangkung, dan lain lain. Harapan dari pengabdian ini adalah diperolehnya ketahanan pangan keluarga, serta mengasah keterampilan ibu rumah tangga dalam usaha tani Microgreens melalui penyediaan sayuran sehat bagi keluarga.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hong, J., & Gruda, N. S. (2020). The potential of introduction of Asian vegetables in Europe. Horticulturae, 6(3), 38.

Kristyanti, B. (2019). Microgreens: Sayuran Mungil Bernutrisi Lebih. Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. Retrieved from http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/84901/Microgreens-Sayuran-Mungil-Bernutrisi-Lebih/

Magfirah, M. (2018). Pengaruh Terapi Berkebun Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari. Journal of Islamic Nursing, 3(2), 7–15.

Rizki Burstiando. (2020). Urban Gardening, Solusi Mandiri Gizi Di Masa Physical Distancing Hemat, Sehat, Berkeringat. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/346440306_TETAP_BUGAR_ DI_TENGAH_CORONA/link/5fc1f45692851c933f6a4be6/download

Rokhmah, N. A., & Sapriliani, T. (2021). Respon Pertumbuhan Dan Hasil Panen Microgreens Pakcoy Pada Nutrisi Dan Media Yang Berbeda.

Widiwurjani, W., Guniarti, G., & Andansari, P. (2019). Status Kandungan Sulforaphane Microgreens Tanaman Brokoli (Brassica oleracea L.) Pada Berbagai Media Tanam Dengan Pemberian Air Kelapa Sebagai Nutrisi. Jurnal Ilmiah Hijau Cendekia, 4(1), 34–38.

Zhang, X., Bian, Z., Yuan, X., Chen, X., & Lu, C. (2020). A review on the effects of light-emitting diode (LED) light on the nutrients of sprouts and microgreens. Trends in Food Science & Technology, 99, 203–216.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats