Cupcake Penuh Gizi dan Bebas Gluten berbasis Tepung Singkong dan Tepung Quinoa

Julia Vebrianti, Nisa’ul Chasanah Idris, Tri Rettagung Diana

Sari


Cupcake berbasis tepung singkong dan tepung quinoa diharapkan dapat menjadi kudapan yang sehat. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui proses pembuatan Cupcake berbasis tepung singkong dan tepung quinoa, 2) Mengetahui karakteristik Cupcake berbasis tepung singkong dan tepung quinoa, 3) Mengetahui daya terima masyarakat terhadap Cupcake berbasis tepung singkong dan tepung quinoa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan, eksperimen, uji hedonik, dokumentasi. Eksperimen pembuatan produk Cupcake dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Seni Kuliner AKS Ibu Kartini, Semarang. Prosentase perbandingan antara tepung singkong dan tepung quinoa sebanyak 25%:75%, 50%:50%, dan 75%:25%. Hasil penelitian ini menunjukan produk Cupcake berbasis tepung singkong dan tepung quinoa memiliki karakteristik sensori rasa manis, beraroma khas margarin dan tepung singkong, tekstur yang sedikit kasar karena tepung quinoa, warna kuning dan ada sedikit bintik-bintik hitam kecil karena chia seeds. Uji hedonik diikuti 25 panelis tidak terlatih,  menyatakan bahwa perbandingan tepung singkong dan tepung quinoa 75%:25% merupakan Cupcake yang disukai dan diterima dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peluang inovasi dari Cupcake yang bebas dari gluten tetapi penuh gizi dengan bahan dasar tepung singkong dan tepung quinoa.

Kata Kunci


Cupcake, Tepung Singkong, Tepung Quinoa, Karakteristik Sensori, Daya Terima.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asep, S., Feri, K., & Elvira, S. (2016). Biji Chia: Karakteristik Gum dan Potensi Kesehatannya. Jurnal Pangan, 25(2), 137-146.

Cahyadi, C. I. (2019). Penggunaan Tepung Kinoa sebagai pengganti Tepung Terigu dalam Pembuatan Muffin. Tugas Akhir STP Bandung.

Farida, A., Pada, K. S., Yulastri, A., & Yusuf, L. (2008). Patiseri 3. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Luh, R. P. (2016). Pemanfaatan Tepung Singkong sebagai Subtitusi Tepung Terigu untuk Variasi Cake. Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(1), 718-730.

Nursabrina, M. A. (2020). Pengaruh Perbandingan Tepung Quinoa dengan tepung Shorgum terhadap Karakteristik Cookies Gluten Free. Skripsi. Universitas Pasundan, Bandung.

Sanlier, S. N. (2016). Nutrional and Health Benefit of Quinoa (Chenopodium Quinoa Wild). Journal Of Cereal Science, 5(1), 317-376.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats