Strategi Peningkatan Perceived quality pada Agroindustri Kopi Liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Dwi Nurul Amalia, Rozaina Ningsih, Fuad Muchlis

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun strategi percieved quality pada agroindustri kopi liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja dengan alasan bahwa Gerai UMKM Mekar Jaya merupakan gerai terbesar yang menjual hasil produksi kopi liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 responden hal ini dikarenakan pemilihan responden konsumen dilakukan secara sampling purposive yakni pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan konsumen merasa puas dengan pelayanan dan produk yang dijual sebanyak 40 persen. Selain itu sebanyak 46 persen dari konsumen merasa sangat nyaman ketika mereka berada di Gerai UMKM Mekar Jaya. Strategi marketing mix harus dikembangkan agar eksistensi Gerai UMKM Mekar Jaya dapat berlanjut. Pengambilan langkah untuk meningkatkan perceived quality lebih diprioritaskan pada memperbaiki dan memaksimalkan strategi marketing mix people. hal ini dikarenakan faktor people mempengaruhi kedua indikator perceived quality.

Kata Kunci


agroindustri, kopi liberika, percieved quality, strategi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, E.W. (1994). Customer satisfaction, findings from Sweden market share, and profitability. Journal of Marketing, 58(3), 53–66.

Hernanto, Fadholi. (1991). Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Hariyati, Y. & Sumarno, J. (2013). Pengembangan Agroindustri Pedesaan Berbasis Kopi Menuju Produk Specialty Kabupaten Jember. Lembaga Penelitian Universitas Jember. Laporan Hasil Penelitian HibahStrategis Nasional.

Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business. Salemba Empat, Jakarta.

Soekartawi. (2011). Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Penerbit UI, Jakarta.

Suratiyah, K. (2009). Ilmu usahatani. Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta.

Waluyo, E. & Nurliam, A. (2017). Potensi Pengembangan Kopi Liberika (Coffea liberica) Pola Agroforestry dan Prospek Pemasarannya untuk Mendukung Restorasi Lahan Gambut di Sumatera. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal 2017, Palembang.

Zeithaml, V. 1988. Consumer perceptions: a means-end model and synthesis of evidence of price, quality and value. Journal of Marketing, 52(3), 2–22.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats