Studi Potensi Ketersediaan Pakan Ternak Ruminansia dari Limbah Tanaman Pangan Berdasarkan Daya Dukung di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang

Surya Surya, Rahmaniar Rahman, Fatmah Sari Indah Hiola, Heppy Prasilia Hariyani

Sari


Limbah tanaman pangan merupakan salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia. Penelitian ini bertujuan untuk studi potensi ketersediaan pakan ternak ruminansia dari limbah tanaman pangan berdasarkan daya dukung di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Penelitian menggunakan metode deskriptif disertai dengan analisis statistik sederhana. Metode pengumpulan data berupa data sekunder dan data primer berupa luas panen tanaman pangan seperti padi, jagung, dan ubi kayu di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Selanjutnya data diolah dan dianalisis ke dalam bentuk parameter daya dukung limbah tanaman pangan untuk bahan kering (BK), protein kasar (PK), dan total digestible nutrient (TDN). Hasil yang diperoleh menunjukkan daya dukung limbah tanaman pangan berdasarkan bahan kering (BK), protein kasar (PK), dan total digestible nutrisent (TDN) paling tertinggi di Kelurahan Siparappe dan terendah di 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Sawitto, Jaya, Penrang, dan Maccorawalie. Hal ini memperlihatkan potensi di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang tiap Kelurahan untuk menghasilkan pakan terutama berupa pakan hijauan bagi ternak ruminansia dalam bentuk segar atau kering, tanpa melalui pengolahan.

Kata Kunci


daya dukung, ruminansia, pakan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pinrang. 2021. Kabupaten Pinrang dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Pinrang.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kecamatan Watang Sawitto. (2019). Kecamatan Watang Sawitto dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Pinrang.

Kaswarjono Y., & Hary P. I. S., Alfarisa N. (2017). Potensi jerami sebagai pakan ternak ruminansia. J. Ilmu-Ilmu Peternakan, 27(1), 40-62.

Kembauw E., Sahusilawane A., & Sinay L. (2015). Sektor pertanian merupakan sektor unggulan terhadap pembangunan ekonomi Provinsi Maluku. Agriekonomika. 4(2), 212–222.

Mukhtar, M. (2014). Produksi dan Daya Dukung Lahan Hijauan Pakan Sapi Potong di Kabupaten Gorontalo Utara. J. Ilmiah Agrosains Tropis. 7(3), 130-138.

Rajab. (2009). Kajian pengembangan pembibitan Sapi Bali di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat. Tesis. Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sitindaon, S. H. (2013). Inventarisasi Potensi Bahan Pakan Ternak Ruminansia di Provinsi Riau. J. Peternakan. 10(1), 18-23.

Syamsu, J. A. (2006). Analisis potensi limbah tanaman pangan sebagai sumber pakan ternak ruminansia di Sulawesi Selatan. Disertasi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Syamsu, J. A. (2012). Bahan kuliah analisis sumber daya pakan dan wilayah. Program Magister Sains Ilmu dan Teknologi Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Umela S. & Nutrfitriyanti B. (2016). Daya dukung jerami jagung sebagai pakan ternak sapi potong. Jtech. 4(1), 64-72.

Williamson G. & W.J.A. Payne. (1993). Pengantar Peternakan di Daerah Tropis. Diterjemahkan oleh S.G.N. Dwija, D. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats