Aplikasi Pestisida Nabati untuk Pengendalian Ulat Kubis (Plutella xylostella) pada Tanaman Kale (Brassica oleracea var. Acephala)

Niken Ayu Anggoroningtyas, Sholahuddin Sholahuddin, Dwiwiyati Nurul S.

Sari


Kale merupakan salah satu jenis tanaman sayur daun dari famili Brassicaceae yang memiliki nilai ekonomi tinggi serta prospek yang cukup baik untuk dibudidayakan. Adanya upaya pengendalian dengan aplikasi pestisida nabati dilakukan bertujuan untuk mengurangi kehilangan hasil akibat serangan Plutella xylostella. Metode yang digunakan dalam kajian berbasis percobaan di lapang. Berdasarkan pengamatan terhadap pertumbuhan populasi dan intensitas serangan hama P. xylostella mengalami penurunan dalam kurun waktu 3 minggu setelah pengaplikasian pestisida nabati secara rutin seminggu 3 kali pada sampel tanaman kale. Hal ini disebabkan karena adanya residu pestisida yang menempel di permukaan daun yang didalamnya terkandung senyawa yang berperan sebagai antifeedant dan repellant dari tanaman yang berpotensi mengendalikan hama yaitu serai, sirsak, bawang putih, dan bawang merah.

Kata Kunci


anti-feedant, repellant

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewanti, S. K., & Fuskhah, E. (2019). Growth and yield of kale (Brassica oleracea var. Acephala) on different vermicompost dosages and plant spacings. Jurnal Pertanian Tropik, 6(3), 394-402.

Hartini, F., & Yahdi, Y. (2015). Potensi Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata, L.) Ssebagai Insektisida Kutu Daun Persik (Myzus persicae, Sulz) pada Daun Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens). Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(1), 107-116.

Hermawan, W. (2009). Aktifitas antifidan ekstrak daun cantigi (Vaccinium varingieafolium Bi. miq) terhadap Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Yponomeutidae). Bionatura, 11(2), 218245.

Hendrival, K. (2013). Pengujian Penghambatan Aktivitas Makan dari Ekstrak Daun Lantana camara L.(Verbenaceae) terhadap Larva Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Yponomeutidae). Jurnal Floratek, 8(1), 35-44.

Kristanto, S. P. (2013). Pengendalian hama pada tanaman kubis dengan sistem tanam tumpangsari. Berkala Ilmiah Pertanian, 1(1), 7-9.

Sabaruddin, S. (2020). Aplikasi pestisida nabati bawang putih (Allium sativum L) untuk pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman cabai (Capsicum annum L). Jurnal Agroekoteknologi Tropika Lembab, 3(2), 121-126.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats