Inventarisasi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) pada Beberapa Spesies Tanaman Kantong Semar ( Nepenthes Sp.) di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas

Andi Muhammad Akses Sangga, Yati Nurlaeni

Sari


Kebun Raya Cibodas (KRC) merupakan salah satu kebun raya di bawah koordinasi Pusat penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya yang menginduk pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). KRC memiliki koleksi berupa tumbuhan dataran tinggi basah Indonesia. Pada mulanya, KRC dijadikan kawasan aklimatisasi jenis tumbuhan bernilai  ekonomi dari luar kawasan Indonesia. Salah satu koleksi indoor KRC ialah tanaman hias kantong semar yang terdapat di rumah kaca kantong semar. Proses deteksi, idenifikasi dan prediksi sumber penyebab penyakit (patogen) pada tanaman yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan berbagai organisme penggaggu tanaman (OPT) yang menyerang tanaman kantong semar, termasuk penentuan strategi pengendalian yang tepat dan sebagai upaya preventif untuk periode berikutnya. Populasi nepenthes di alam semakin menurun maka dari itu konservasi ex-situ dengan cara domestikasi melalui mekanisme budidaya dan penangkaran agar tumbuhan nepenthes tetap lestari. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi dan mengindentifikasi OPT pada koleksi kantong semar yang ada di KRC oleh karena itu upaya untuk menekan serangan OPT harus dilakukan pengawalan sejak dini, dengan melakukan identifikasi tanaman kita dapat mengetahui  keberadaan OPT baik itu intensitas serangan maupun populasi disuatu wilayah. Penelitian dilakukan di Rumah Kaca koleksi kantong semar yang ada di KRC yang berada pada ketinggian 1300 mdpl. Hasil identifikasi OPT yang dilakukan di taman Kantong semar kebun raya cibodas telah menunjukan adanya serangan dari hama dan penyakit  seperti Kutu Sisik (scale), dan Thrips (thrips parvispinus) Serta beberapa penyakit yang menyerang seperti  penyakit  bercak daun dan  busuk batang.

Kata Kunci


Kebun Raya Cibodas, Kantong Semar, Hama, Penyakit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aunu R. N. P. (2017). Identifikasi thrips alliorum (priesner),thrips hawaiiensis (morgan), dan thrips parvispinus (karny) berdasarkan variasi DNA COI mitokondria. Jurnal entomology Indonesia, 14(1), 20-28.

Agus S., Kurnia, H. N. T. I. D. (2020). Identifikasi keanekaragaman hama kutu putih (mealy bug) pada tanaman singkong dikecamatan wongsorejo dan kalipuro. Biosense, 03(01), 1-15.

Anna Y. Wattimena, A. J. (2016). Studi komunitas gulma di areal pertanaman pala (mirystica fragrans houtt) pada stadium tanaman belum menghasilkan dan menghasilkan di desa rutong kecamatan leitimur selatan kota ambon. J. Budidaya Pertanian, 12(2), 80-88.

Efendi, M. (2018). Konservasi eksitu jenis begonia alam pegunungan sumatera di kebun raya cibodas. Majalah ilmiah biologi biosfera: A scientific journal, 35(2), 84-90.

Handayani, A. (2015). Keanekaragaman lamiaceae berpotensi obat koleksi taman tumbuhan obat Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. ). Pros. Sem. Nas. Masy. Biodiv. Indon., 1(6), 1324-1327.

Yuzammi, T. Y. (2012). Kantong semarmirabilis (Nepenthes mirabilis Druce) dan teknik budidayanya. pusat konservasi tumbuhan kebun raya bogor lembaga ilmu pengetahuan indonesia, Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats