Kemandirian Pangan Rumah Tangga Tani Di Kabupaten Klaten

Wahyu Adhi Saputro, Aris Prio Agus Santoso, Umi Salamah

Sari


Kebutuhan pokok yang menjadi dasar pemenuhan manusia dalam upayanya mempertahankan hidup salah satunya adalah pangan. Hal tersebut tidak lepas dari individu yang berprofesi sebagai petani. Kabupaten Klaten memiliki banyak penduduk dengan mata pencaharian sebagai petani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui keadaan kemandirian pangan rumah tangga tani di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 petani yang diwawancara secara langsung. Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan dengan membagi antara produksi pangan dengan konsumsi pangan sehingga didapatkan nilai kemandirian pangan. Penelitian ini mengukur produksi tanaman yang dibudidayakan oleh petani sampel. Berdasarkan hasiil penelitian diketahui terdapat lima komoditi yang ditanam petani yaitu padi, jagung, kacang, tanah, kacang panjang dan cabai. Berdasarkan hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bahan pangan berupa padi, jagung, kacang tanah, kacang panjang dan cabai memiliki nilai KP lebih besar dari 1 sehingga rumah tangga petani tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangan atau kebutuhan konsumsi kelima komponen tersebut dengan memproduksinya sendiri.

Kata Kunci


Pangan, Kemandirian Pangan, Konsumsi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atem. N. N. (2020). Persoalan Kerawanan Pangan pada Masyarakat Miskin di Wilayah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia) Kalimantan Barat. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 94-104.

Aulia, Z., Rahmadya, B., & Hersyah, MH. (2016). Alat Pengukur Angka Kecukupan Gizi (Akg) Manusia dengan Menggunakan Mikrokontroler. Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 1-7.

Heryadi, D.R., Alexandfri, M.B. & Sari, D.S. (2020). Membangun Kemandirian Pangan dari Rumah. Sawala, 2(1). 19-27.

Lantarsih, R., Widodo, S., Darwanto, D. H., Lestari, S. B., & Paramita, S. (2016). Sistem ketahanan pangan nasional: kontribusi ketersediaan dan konsumsi energi serta optimalisasi distribusi beras. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(1), 33-51.

Mulyo, J. H., Sugiyarto, S., & Widada, A. W. (2016). Ketahanan dan Kemandirian Pangan Rumah Tangga Tani Daerah Marginal Di Kabupaten Bojonegoro. Agro Ekonomi, 26(2), 121. https://doi.org/10.22146/agroekonom i.17265

Nasmiati, C., Ginting, R., & Rahman, A. (2014). Analisis Produksi dan Ketersediaan Serta Kebutuhan Kedelai Dalam Kaitannya Dengan Ketahanan Pangan di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara, 7(1).

Padangaran, A.M. (2015). Analisis Kerawanan Pangan di Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Agriplus Majalah Ilmiah, 25(2), 110.

Saputro, W. A., & Fidayani, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Kecukupan Energi Rumah Tangga Petani Di Kabupaten Klaten. VIGOR: Jurnal Ilmu Pertanian Tropika dan Subtropika, 5(2), 51 - 55

Saputro, W. A., & Fidayani, Y. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Di Kabupaten Klaten. Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara), 13(2), 115-123.

Saputro, W. A., Fidayani, Y., & Salamah, U. (2020). Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kabupaten Penyangga. Kediri: Lembaga Mutiara Hidup Indonesia.

Saputro, W. A., & Fidayani, Y. (2020). Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kabupaten Klaten. Jurnal Sosio Agribisnis (JSA), 5(2), 87-93.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats