Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Buah Pisang (Musa paradisiaca L.) Di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus

Ulin Ni’matir Roudloh, Sri Wahyuningsih, Shofia Nur Awami, Lutfi Aris Sasongko

Sari


Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Banyaknya varietas buah pisang yang beredar di ritel–ritel buah akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buah pisang merupakan buah yang sering dikonsumsi, jenis pisang yang paling disukai, alternatif pengganti buah pisang, dan mengidentifikasi faktor–faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap jumlah pembelian buah pisang dilihat dari kualitas maupun kuantitas produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data melalui wawancara dengan bantuan kuesioner. Analisis data menggunakan metode teknik tabulasi data, persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah pisang adalah buah yang disukai dan sering dikonsumsi oleh konsumen Pasar Daerah di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan jumlah 90% dari total 100 responden. Jenis pisang yang paling disukai atau menjadi pilihan konsumen adalah buah pisang raja dan pisang kepok dengan jumlah 54%. Alternatif pengganti buah pisang adalah buah jeruk siam dengan jumlah 79% dari 100 responden dan selain buah jeruk siam hanya ada 21%. Berdasarkan hasil regresi linier berganda diperoleh hasil Adjusted R square = 53,3. Besaran F hitung 19,814. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah pembelian buah pisang adalah daya tarik produk meliputi: jenis buah pisang, rasa, warna kulit, ukuran, penampilan dan kebersihan, harga buah pisang, usia, jumlah anggota keluarga, pendapatan dan kebiasaan keluarga.

Kata Kunci


Pisang, Konsumen, Pasar, Keputusan, Kudus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfauzan, F., Subekti, E., & Awami, S, N. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Impor di Pasar Johar Kota Semarang. Jurnal Mediagro, 11(1) 35-46.

Alham, F. & Saragih, F. H. (2021). Analisis Preferensi Konsumen Buah Pisang sebagai Komoditi Unggulan di Kota Langsa. Jurnal Agrica, 14(1).

Badan Pusat Statistik. (2019). Survei Sosial Ekonomi Nasional, Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia Tahun 2019. Jakarta.

Eliza, E. S., & Kaswita, C. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Buah di Pasar Arengka (Pasar Tradisional dan Giant Hypermarket (Pasar Modern) di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Agricultural Economics, 2(1), 15-34.

Jannah, N., Antara, M. & Effendy. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Jeruk Impor di Kota Palu. Jurnal Agroland, 25(2), 121-129.

Maida, P. (2018). Perilaku Konsumen Buah Lokal di Kota Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Fakultas Pertanian.

Muzdalifah. (2012). Kajian Preferensi Konsumen Terhadap Buah-Buahan Lokal di Kota Banjarbaru. Jurnal Agribisnis Perdesaan. 02(4).

Pramandya, Y. S. (2010). Sikap dan Minat Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Produk Teh di Surakarta. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rahardja, P. & Manurung, M. (2008). Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) Edisi Ketiga. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Rumapea, E. (2020). Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Pisang di Pasar Tradisional Kota Semarang. Jurnal Agrisocionomics. 5(2), 1 – 13.

Yuliara, I. M. (2016). Regresi Linier Berganda. Universitas Udayana, Bali.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats