Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Beras di Kabupaten Sragen

Novia Putri Ridanar, Sugiharti Mulya Handayani, Raden Kunto Adi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keputusan pembelian beras putih dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli beras putih di Kabupaten Sragen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2021 di Pasar Bunder Sragen. Metode yang digunakan deskriptif. Lokasi penelitian dipilih secara purposive. Metode penentuan responden menggunakan metode accidental yang mana responden pada penelitian ini tidak diketahui secara pasti. Penentuan responden pada penelitian ini dicari dengan rumus pengambilan sampel besar populasi yang tidak diketahui dengan hasil responden sebanyak 100 orang. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, multiatribut fishbein, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan faktor harga, aroma, kandungan gizi, tekstur dan warna yang di uji instrument berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras putih. Atribut sikap konsumen (Ao) beras putih yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian adalah harga.

Kata Kunci


beras, multiatribut fishbein, keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalina, R.N. & Imroatul, K. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1-9.

Ardianto, R. (2018). Sikap Konsumen Terhadap Atribut Beras Organik. Parsimonia, 4(3), 321-328.

Bantacut, T. (2014). Indonesian Staple Food Adaptations for Sustainability in Continuously Changing Climates. Journal of Environment and Earth Science, 4(21), 202-215.

BPS. (2020). Luas Panen dan Produksi Padi di Indonesia 2019. www.bps.go.id . Diakses pada tanggal 17 Juni 2020.

Chaerudin, A., Inta H.R., & Velma A. (2020). Sumber Daya Manusian: Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi. CV Jejak, Sukabumi.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group, Jakarta.

Hu, E.A., An, P., Vasatin, M., & Qi, S. (2012). White Rice Consumption And Risk of Type 2 Diabetes: Meta - Analysis and Systematic Review. BMJ: British Medical Journal, 334.

Nainggolan, R. & Supraptini. (2012). Sanitasi Tradisional di Kabupaten Sragen Jawa Tengah dan Kabupaten Gianyar Bali. Jurnal Ekologi Kesehatan, 11(2), 112-122.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Buku Ajaran Praktis Cara Membuat Penelitian). PT. Panca Terra Firma, Bandung.

Putri, A. (2018). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Mutu Beras di Kampong Bunga Raya Kabupaten Siak. JACE, 2(1), 1-9.

Putri, S.E. (2019). Analisis Sikap Konsumen: Evaluasi dan Kepercayaan Atribut (Multiattributes Fishbein Approach). Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 159-177.

Rana, J. & Justin, P. (2017). Consumer Behavior and Purchase Intention for Organic Food: A Review and Research Agenda. Journal of Retailing and Consumer Services, 38(1), 157-165.

Rohman, A., Siti H., Mirza H., & Dwi L.S. (2014). Rice in Health and Nutrition. International Food Research Journal, 21(1), 13-24.

Sari, F. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan. CV Budi Utama, Yogyakarta.

Sumarwan, U. (2015). Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press, Bogor.

Supriyono, R.A. (2018). Akutansi Keperilakuan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

USDA. (2020). Negara dengan Konsumsi Beras Paling Besar. https://www.usda.gov/codex . diakses pada tanggal 1 Desember 2020.

Yulianto, N.A.B., Mohammad, M., & Alifiulahtin, U. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis. Polinema Press, Malang.

Yusuf, Y., Amrullah, A., & Tenriawaru, A. N. (2018). Perilaku Kosumen Pada Pembelian Beras Di Kota Makassar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(2), 105-120.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats