Dampak Kepemilikan Modal Sosial terhadap Keberlangsungan Usaha Sayur Organik (Studi pada PO. Sayur Organik Merbabu (SOM) dan Kelompok Tani Tranggulasi Kabupaten Semarang)

Agustina Leni Sunarti, Maria Maria

Sari


Keberhasilan sebuah usaha tidak lepas dari peran modal sosial dimana modal sosial sangat berpengaruh terhadap perkembangan sebuah bisnis. Dalam menjalankan usaha sayur organik pada PO Sayur Organik Merbabu dan Kelompok Tani Tranggulasi diperlukan sebuah pendekatan modal sosial agar kegiatan ini tetap berkelanjutan. Mengetahui modal sosial yang dimiliki pemilik usaha sayur organik yang dilihat dari bentuk-bentuk modal sosial yaitu: bonding social capital, bridging social capital dan linking social capital.Mengetahui dampak dari kepemilikan bentuk modal sosial terhadap keberlangsungan usaha sayur organik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan 1) aspekBonding Social Capital di SOM melalui dukungan keluarga seperti keponakan dan sepupunya, sedangkan pada kelompok tani Tranggulasi aspekBonding Social Capital tidak terlihat. 2) Aspek Bridging Social Capital pada pihak SOM dan kelompok tani Tranggulasi sama-sama terlihat dengan menjaga hubungan baik dan kerjasama yang telah terjalin antara pemilik dengan karyawan, konsumen dan pemasok. 3) Aspek Linking Social Capital pada pihak SOM terlihat dikarenakan pihak SOM menggunakan modal secara mandiri dan bantuan dari campus Universitas Kristen Satya Wacana sedangkan pada kelompok tani Tranggulasi lebih terlihat hal ini dikarenakan pemilik mendapat bantuan dari pemerintah serta iuran dari kelompok. Keberlangsungan usaha sayur organik pada SOM dan Tranggulasi yang dilihat dari unsur modal, SDM dan pemasaran sangat berpengaruh dalam keberlanggsungan usaha hal ini dikarnakan tanpa ketiga aspek tersebut usaha yang dirintis tidak bisa berkembang dijaman yang semakin modern seperti sekarang ini, dan kedua usaha tersebut sama-sama saling mengembangkan ketiga aspek ini dalam usahanya sehingga usaha yang dirintis bisa berkembang sampai berdiri lebih dari lima tahun dan tetap populer dikalangan masyarakat hingga sekarang ini. Sehingga kepemilikan modal sosial(Bonding Social Capital, Bridging Social Capital, dan Linking Social Capital)  dan aspek modal, SDM dan pemasaran sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha sayur organik yang ada pada pemilik SOM dan kelompok tani Tranggulasi.

Kata Kunci


Bonding Social Capital, Bridging Social Capital, Linking Social Capital, dan Keberlangsungan Usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Paradiba, D., Mappatoba, M. & Lamusa, A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan sayur organik di Kota Palu. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 5(5), 564–571.

Putnam, R. D. (1995). Turning in, turning out: The strange disappearance of social capital in america. Political Science and Politics, 28(4),664–684.

Fathy, R. (2019). Modal sosial: konsep, inklusivitas dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1–17.

Woolcock, M. (2003). Social Capital. Sage: Thousand Oaks.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats