Strategi Pemberdayaan Masyarakat pada Penerapan Pertanian Berbasis Ruang di Kampung Wisata Sayur Dusun Blederan

Uswatun Hasanah, Putri Permatasari, Joko Winarno

Sari


Pertanian berbasis ruang merupakan program pemanfaatan lahan pekarangan yang memiliki ruang-ruang kosong untuk dijadikan objek kegiatan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan LPTP (Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan) Stasiun Wonosobo dalam program pertanian berbasis ruang di Dusun Blederan, Desa Blederan, Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan yakni melalui deskriptif kualitatif. Informan berjumlah 7, dengan informan kunci yakni Kepala Unit LPTP Stasiun Wonosobo, fasilitator LPTP, Ketua KWT Munawaroh dan anggota KWT Munawaroh. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dengan melakukan analisis sesuai temuan data di lapangan dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di Dusun Blederan, Desa Blederan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan anggota KWT Munawaroh yang berhasil menjalankan program pertanian berbasis ruang hingga menjadi Kampung Wisata Sayur Blederan di Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menjelaskan tahapan serta strategi pemberdayaan masyarakat oleh LPTP Stasiun Wonosobo yang meliputi tahapan asesmen (pengkajian) pengidentifikasian masalah, persiapan dengan sekolah lapang, perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi. Adapun strateginya menggunakan lembaga masyarakat setempat, menggunakan metode partisipatif, serta pelaksanaan pendampingan yang intensif dari fasilitator.

Kata Kunci


strategi, pemanfaatan lahan, KWT, fasilitator, partisipatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daraba, D. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kecamatan Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar Propinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Sosiohumaniora, 17(2), 165-169.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor : Ghalia Indonesia.

Karsidi, R. (2001). Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Mayarakat. Jurnal Mediator, 2(1), 75-86.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Mayarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 87-99.

Prastowo, A. (2010). Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : DIVA Press.

Rahayu, M & Prawiroatmodjo, S. (2005). Keanekaragaman Tanaman Pekarangan dan Pemanfaatannya di Desa Lampeapi Pulau Wawoni Sulawesi Tenggara. Jurnal Teknologi Lingkungan P3TLBPPT, 6(2), 360-364.

Winartha, I. M. (2006). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats