Efektivitas Training of Trainer Pertanian Cerdas Iklim Bagi Penyuluh Pertanian pada Masa Pandemi Covid 19 Provinsi Jawa Tengah

Sinta Widayani, Fitrin Yunita, Roostian Moordiani

Sari


Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melakukan kegiatan Training of Trainer Climate Smart Agriculture sebagai bagian dari tahapan Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) atau Proyek Modernisasi Irigasi Strategis dan Rehabilitasi Mendesak. Tujuan ToT CSA yaitu meningkatkan kapasitas SDM petugas/penyuluh (peserta ToT) dalam pelaksanaan proyek SIMURP-CSA, mempersiapkan petugas/penyuluh (peserta ToT) untuk melatih calon ToF (Training of Farmers), mempersiapkan materi dan metoda pelatihan ToF dalam bentuk bahan ajar dan mempersiapkan peserta pelatih, pelatih atau narasumber, fasilitator pelatihan ToF. ToT CSA dilaksanakan menggunakan metode e-learning dikarenakan adanya pandemi covid 19. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektifitas Training of Trainer Climate Smart Agriculture.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif observasional. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa ada peningkatan sebelum dan sesudah mengikuti ToT sebanyak 24,65%, dan secara keseluruhan pelaksanaan ToT dinilai memuaskan. Untuk penguasaan materi setelah ToT peserta menilai cukup menguasai.


Kata Kunci


SIMURP, CSA, Training of Trainers, Penyuluh Pertania

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardini, L., Iswara, U. S. & Retnani, E. D. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19. JKBM, 7(1), 72-81.

Bisri. K, Samsudi & Supraptono. (2009). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran E-Learning Berbasis Browser Based Training terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen. PTM, 9(1), 37-42.

Buamona I & Rikha M. (2017). Pengaruh Efektivitas Komunikator/Narasumber terhadap Pengetahuan Aparatur Desa/Kelurahan Di Kota Ambon. Jurnal Politik Pemerintahan, 10(1), 15–36.

Effendy I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Hdw.Dev.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.

Humaedah, U., Yulianti, A., Sirnawati, E. & Effendi, L. (2016). Model Peningkatan Kapasitas Penyuluh dalam Pemanfaatan Informasi Iklim Di Kabupaten Indramayu dengan Pendekatan Analisis Keberlanjutan. Jurnal Informatika Pertanian, 25(1), 131–144.

Mardiyanto, T.C & Prastuti, T.R. (2016). Efektivitas Pelatihan Teknologi Budidaya Bawang Putih Varietas Lokal Ramah Lingkungan dengan Metode Ceramah di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Agraris, 2(1), 61–68.

Moordiani, Roostian & Noviani, C. (2018). Efektivitas Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Penyuluh Mendukung Pembangunan Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis UNS Ke 42 Tahun 2018: “Peran Keanekaragaman Hayati untuk Mendukung Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia”, 2(1), C1-C7.

Rouw A. (2018). Pendekatan Pendekatan Climate Smart Agriculture (CSA) dalam Membangun Model Pertanian Adaptif Perubahan Iklim dan Pola Sinergi Peneliti-Penyuluh dalam Diseminasi Inovasi Teknologi. Buletin Agro-Infotek, 4(1), 13 – 21.

Siregar, E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). JDP, 11(2), 153-166.

Soeseno, Attang & Sukardi, B. (2017). Perubahan Pengetahuan Setelah Mengikuti Pelatihan Training of The Trainers pada PT. Bridgestone Tire Indonesia. ESENSI, 20(3), 124-143.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Surmaini E, Estiningtyas, W. & Las, I. (2017). Mewujudkan Sistem Usahatani Inovatif Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim dan Iklim Ekstrem dalam buku Memperkuat Kemampuan Wilayah Menghadapi Perubahan Iklim. Jakarta: IAARD Press.

Tjiptoherijanto P. (2001). Proyeksi Penduduk, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, dan Peran Serikat Pekerja dalam Peningkatan Kesejahteraan. Majalah Perencaan Pembangunan Edisi 23 Th 2001.

Ukkas, I. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo. Islamic Education Management, 2(2), 187-198.

Widyastuti, U. (2015). Evaluasi Pelatihan (Training) Level II Berdasarkan Teori The Four Levels Kirkpatrick. Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 120-128.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats