Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Kelompok Tani Dewi Ratih II dalam Program Gerakan Tani Bangkit di Desa Gempol Kabupaten Klaten

Nurul Mufidah, Joko Winarno, Agung Wibowo

Sari


Peningkatan kesejahteraan petani dapat dilakukan melalui kelembagaan pertanian, salah satunya melalui pemberdayan kelompok tani. Pemberdayaan kelompok tani tentu tidak lepas dari peranan partisipasi petani itu sendiri untuk meningkatkan kualitas produksi hingga meningkatkan kesejahteraan petani. Partisipasi menunjukan keterlibatan dan keikutsertaan petani dalam proses pemberdayaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil pemberdayaan serta evaluasi dari program pemberdayaan yang dijalankan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi partisipasi KT Dewi Ratih II dalam program Gerakan Bangkit Tani. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan ditentukan dengan snowball sampling. Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumendari, kemudian dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan terdapat faktor internal dan ekternal yang mempengeruhi partisipasi KT Dewi Ratih II. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya pengalaman, usia, kemauan dan pengetahuan petani. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi diantaranya ketersediaan pasar, sarana prasarana, akses mendapatkan pendapatan, akses fasilitas, kesempatan memperoleh informasi dan kelembagaan yang mendukung kelompok.

Kata Kunci


faktor, partisipasi, pertanian organik, Gerakan Tani Bangkit (GTB)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnstein, S. (1969). A Leader of Citizen Participation. Journal of American Institute of Planner, 4, 216– 224.

Lazismu. (2018.) GTB: Lazizmu Berdayakan Petani dengan Pembiayaan qardhul-Hasan. [Online]: https://www.lazismu.org/gerakan-tani-bangkit-lazismu-berdayakan-petani- denganpembiayaan-qardhul-hasan/.

Lugiarti, E. (2004). Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Proses Perencanaan Program Pengembangan Masyarakat di Komunitas Desa Cijayanti. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Mardikanto, T. (2010). Komunikasi Pembangunan. Surakarta: UNS Press.

Nurbaiti & Bambang. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR). Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 224-228.

Slamet Y, (1994). Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Surakarta: UNS Press.

Slamet, M. (2003). Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor: IPB Press.

Wibowo, A. (2016). Partisipasi yYang Humanis. Surakarta: UNS Press.

Debby, M. 2019. Pengelolaan Sanitasi Permukiman Wilayah Perkotaan dengan Pendekatan Teknokratik dan Partisipatif. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Mikkelsen, B. (2001). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats