Kajian Karakteristik Ibu Rumah Tangga Terlibat Usaha Tani

Fauzul Azhimah, Ruth Dameria Haloho

Sari


Ibu rumah tangga adalah kunci penggerak sosial ekonomi rumah tangga di Indonesia. Keterlibatan ibu rumah tangga dalam menyokong kemampuan ekonomi keluarga didorong oleh tingkat kemampuan kepala keluarga dalam memberikan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji latar belakang sosial ekonomi ibu rumah tangga di Kecamatan Kutalimbaru yang langsung terjun menjadi buruh tani harian atau buruh harian ternak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pemilihan responden atau sampel dilakukan secara acak yaitu accidental purposing sampling. Metode pengambilan data dilakukan dengan Focus Group Discussion.Motode analisis data penelitian ini dengan alat analisis deskriptif. Karakteristik pendidikan dan lama pengalaman menjadi dominan mempengaruhi tingkat keberhasilan stabilitas ekonomi keluarga.

Kata Kunci


wanita, tani, ekonomi, keluarga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prasekti, Y. H. & Rohman, I. S. N. (2017). Peran Wanita Tani dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani. Jurnal Agribisnis, 13(15).

Ervinawati, V., Fatmawati, & Indri, L.E. (2015). Peranan Kelompok Wanita Tani Perdesaan dalam Menunjang Pendapatan Keluarga. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS.

Mandayani S. & Hasibuan, J. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Pemanfaatan Pekarangan Melalui Wanita Tani (KWT) Sanggar Rezeki. Journal of Millennial Community, 1(1).

Fitriyah, V., & Tridakusumah, A. C. (2020). Kontribusi dan Peran Produkstif Ibu dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Petani Padi. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1), 1-10.

BPS. (2019). Kecamatan Kutalimbaru dalam Angka 2019. Deli Serdang: Badan Pusat Statistik Deli Serdang.

Agung, I G. N. (2006). Statistika Penerapan Model Rerata Sel Multivariat dan Model Ekonometri dengan SPSS. Jakarta: Yayasan SAD Satria Bhakti.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats