Identifikasi Kesuburan Tanah Sawah Di Desa Lo’a Kecamatan So’a Kabupaten Ngada

Charly Mutiara, Jimianus Soso, Josina I.B. Hutubessy

Sari


Tanah sawah di Desa Lo’a diolah secara intensif dengan pemupukan anorganik yang tinggi, selain itu sawah-sawah ini juga menggunakan pestisida dengan dosis yang tinggi.hal tersebut berpengaruh pada tingkat kesuburan tanahnya. Karena itu penelitian survey ini telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sifat kimia dan tingkat kesuburan tanah sawah. Penentuan sampel tanah menggunakan metode Purposive Sampling, dengan kriteria yaitu lahan sawah di Desa Lo’a yang membudidayakan padi Varietas Ciherang, diolah tanpa ada masa bera, tidak menggunakan pupuk organik serta menggunakan pestisida Moluskisida.Variabel kimia yang diamati adalah pH tanah, C-organik, N-total, P-tersedia, K-tersedia, Kapasitas Tukar Kation dan Kejenuhan Basa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria kimia tanah yang ada pada sawah Desa Lo’a yaitu pH tanah termasuk kategori agak masam dan masam, C-oragnik tergolong sedang, N-total tergolong sangat rendah, P-tersedia tergolong sedang, K-tersedia tergolong sangat rendah, KTK tergolong tinggi dan sangat tinggi, Kejenuhan Basa tergolong tinggi dan sangat tinggi. Sedangkan kriteria kesuburan tanah pada sawah Desa Lo’a yaitu tergolong sedang dengan faktor pembatas yaitu C-Organik.

Kata Kunci


kesuburan tanah, pestisida sawah, sifat kimia tanah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Belachew, T., & Abera, Y. (2010). Assessment of Soil Fertility Status with Depth in Wheat Growing Highlands of Southeast Ethiopia. World Journal of Agricultural Sciences, 6(5), 525-531.

Darlita, R. D. R., Joy, B., & Sudirja, R. (2017). Analisis Beberapa Sifat Kimia Tanah Terhadap Peningkatan Produksi Kelapa Sawit pada Tanah Pasir di Perkebunan Kelapa Sawit Selangkun. Agrikultura, 28(1).

Rosmarkam, A., & Yuwono, N. W. (2002). Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius.

Hardjowigeno, S., (2010). Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Presindo.

Mukhlis, S., & Hanum, H. (2011). Kimia Tanah. Teori dan Aplikasi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Mulyono, D. (2018). Pencemaran Pestisida dalam Budidaya Pertanian dan Upaya Pengendaliannya. Jurnal Rekayasa Lingkungan, 5(3).

Nofa, R. S. (2012). Ekstraksi Silika dari Sekam dan Jerami Padi Sebagai Penyerap Ion Logam Cd (II) (Doctoral dissertation, [Malang]: Universitas Negeri Malang).

Nurmegawati, N., Wibawa, W., Makruf, E., Sugandi, D., & Rahman, T. (2012). Tingkat Kesuburan dan Rekomendasi Pemupukan N, P, dan K Tanah Sawah Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal Solum, 9(2), 61-68.

District, S. (2016). Karakteristik Kimia Tanah di Bawah Beberapa Jenis Tegakan di Sub Das Petani Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agroekoteknologi.

Banwart, S. A., Noellemeyer, E., & Milne, E. (Eds.). (2014). Soil Carbon: Science, Management and Policy For Multiple Benefits. CABI.

Prabowo, R. (2010). Kebijakan Pemerintah dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Indonesia. Mediagro, 6(2).

Puspitasari, D. J., & Khairuddin, K. (2016). Kajian Bioremediasi pada Tanah Tercemar Pestisida. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia, 2(3).

Kotu, S., Rondonuwu, J. J., Pakasi, S., & Titah, T. (2015, July). Status Unsur Hara dan pH Tanah di Desa Sea, Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Cocos, 6(12).

Putraa, S. R., & Hasjimb, S. (2019). Efektivitas Moluskisida Berbahan Aktif Niklosamida Terhadap Hama Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) pada Tanaman Padi. Jurnal Bioindustri, 1(02).

Putri, O. H., Utami, S. R., & Kurniawan, S. (2019). Sifat Kimia Tanah pada Berbagai Penggunaan Lahan di Ub Forest. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 6(1), 1075-1081.

Rahmah, S., Yusran, Y., & Umar, H. (2014). Sifat Kimia Tanah pada Berbagai Tipe Penggunaan Lahan di Desa Bobo Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Jurnal Warta Rimba, 2(1).

Rosmarkam, A., & Yuwono, N. W. (2002). Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius.

Tufaila, M., & Alam, S. (2014). Karakteristik Tanah dan Evaluasi Lahan untuk Pengembangan Tanaman Padi Sawah di Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara. Agriplus, 24, 0854-0128.

Tewu, R. W., Karamoy, L. T., & Pioh, D. D. (2016). Kajian Sifat Fisik dan Kimia Tanah pada Tanah Berpasir di Desa Noongan Kecamatan Langowan Barat. Cocos, 7(2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats