Pengaruh Pemberian Amelioran terhadap Laju Infiltrasi pada Tanah Psamment dan Pertumbuhan serta Hasil Tanaman Jagung (Zea mays)

Adrinal Adrinal, Gusmini Gusmini, Agustian Agustian, Nurfadilla H., Elsa L. Putri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ameliorant terhadap laju infiltrasi tanah serta pertumbuhan dan hasil tanaman jagung (Zea mays) pada Psamment. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai Padang Pariaman, dan analisis tanah di laboratorium Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Oktober 2018 menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK)  dengan 8 perlakuan dan 4 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik dan dilanjutkan dengan uji DNMRT taraf 5% untuk nilai F yang berbeda nyata. Perlakuan yang diberikan adalah  A = Kontrol, B = Mulsa jerami padi (10 ton/ha), C=  Biochar sekam padi (20 ton/ha), D = liat (20 ton/ha), E = Mulsa jerami padi (10 ton/ha) + liat (20 ton/ha), F =Mulsa jerami padi (10 ton/ha) + Biochar sekam padi (20 ton/ha), G =  Biochar sekam padi (20 ton/ha) +liat (20 ton/ha), H = Mulsa jerami padi (10 ton/ha) + Biochar sekam padi (20 ton/ha) +liat (20 ton/ha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan perlakuan kombinasi biochar sekam padi, tanah liat, dan mulsa jerami padi terdapat peningkatan tertinggi terhadap nilai TRP yaitu sebesar 23,23%, kandungan bahan organik sebesar 2,78%, dan kadar air tanah sebesar 6%, dan penurunan nilai BV sebesar 0,47 g/cm3. Penurunan nilai laju infiltrasi tertinggi berada pada perlakuan kombinasi mulsa jerami padi, liat dan biochar sekam padi dengan nilai sebesar 506,6 mm/jam dibandingkan kontrol sebesar 994,7 mm/jam, namun masih dalam kriteria yang sama. Penambahan pelakuan kombinasi mulsa jerami padi, liat dan biochar sekam padi pada Psamment dapat meningkatkan hasil tanaman jagung sebesar 11,05 kg/plot jika dibandingkan dengan kontrol sebesar 6,72 kg/plot.

Kata Kunci


Psamment, laju infiltrasi, amelioran, jagung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrinal, Saidi A. dan Gusmini. (2012). Perbaikan Sifat Fisiko-Kimia Tanah Psamment dengan Pemulsaancarries Organik dan Olah Tanah Konservasi Pada Budidaya Jagung. J.Solum, 9(1).

Badan Pusat Statistik. (2015). Sumatera Barat dalam Angka. Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang.

Hanafiah, K. A. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Harmi,S. (2011). Amelioliorasi Psamments dengan Penanambahan Liat dan Pupuk Kandang terhadap Sifat Fisika Tanah, Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis ( Zea mays saccharata Sturt). (Skripsi, [Padang]: Fakultas Pertanian. Universitas Andalas.

Saidi, A. (2006). Fisika Tanahh dan Lingkungan. Padang: Universitas Andalas Press.

Sinulingga, Sukaria. (2013). Metodologi Penelitian (3rd ed). Medan: USU Press.

Syukur dan Harsono. (2008). Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan NPK terhadap Beberapa Sifat Kimia dan Fisika Tanah Pasir Pantai Samas Bantul.

Yuanita, F. (2015). Pengaruh Penambahan Liat dan Kompos Tithonia Terhadap Sifat Fisika Tanah Pasir Pantai dan Pertumbuhan Serta Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea Mays L. Saccharata) (Skripsi, [Padang]: Fakultas Pertanian Universitas Andalas).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats