Pembibitan Vegetatif Stek dan Cangkok Jambu Biji (Psidium guajava) untuk Metode Tanaman Buah dalam Pot: Review

Yoga Kurniawan, Dwiwiyati Nurul Septariani, Raden Kunto Adi, Poniman Poniman

Sari


Tabulampot merupakan sebuah singkatan dari tanaman buah dalam pot yang menjadi solusi permasalahan masyarakat perkotaan saat ini yaitu lahan yang terbatas. Dengan tabulampot, masyarakat masih dapat membudidayakan tanaman buah tanpa membutuhkan lahan yang luas. Salah satu tanaman buah yang berpotensi untuk dijadikan tabulampot adalah jambu biji (Psidium guajava L.). Salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya tabulampot adalah penggunaan bibit sesuai. Pembibitan jambu biji untuk tabulampot, disarankan menggunakan perbanyakan. Pembibitan jambu biji lebih disarankan menggunakan perbanyakan vegetatif untuk menghasilkan bibit tabulampot, seperti yang diterapkan pada pembibitan jambu biji (Psidium guajava L) di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Balai Pengembangan Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Unit Ngipiksari, Kaliurang, Yogyakarta, Jawa Tengah menggunakan metode perbanyakan vegetatif cangkok dan stek. Keunggulan perbanyakan vegetatif yaitu sifat yang diturunkan sama persis dengan tanaman indukan dan cepat berbuah.

Kata Kunci


bibit, budidaya, lahan sempit, pembiakan,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiansyah, A., Jamaludin, J., Yusnita, Y., & Hapsoro, D. (2018). NAA lebih efektif dibanding IBA untuk pembentukan akar pada cangkok jambu bol (Syzygium malaccense (L.) Merr & Perry). J. Hortikultura Indonesia. 9 (1): 1-9.

Effendi, Z. (2017). Perancangan green polybag dari limbah kelapa sawit sebagai media pembibitan pre nursery tanaman kelapa sawit (Elai guineensis Jacq). J. Penelitian. 4 (2): 22-29.

Ginting, N. M. (2019). Tabulampot teknik budidaya usahatani jambu air madu deli hijau. Musamus Journal of Agribusiness, 1(2): 46-52.

Jinus, J., Prihastanti, E., dan Haryanti, S. Pengaruh zat pengatur tumbuh (ZPT) root-up dan super-GA terhadap pertumbuhan akar stek tanaman jabon (Anthocephalus cadamba Miq). J. Sains Dan Matematika. 20 (2): 35-40.

Nafi'ah, H. H., & Royani, M. (2018). Penyuluhan dan praktik pembuatan tabulampot di desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. J. PKM Pengabdian kepada Masyarakat. 1 (3): 238-243.

Norlita, W., & KN, T. S. (2017). Pemanfaatan jambu biji bagi kesehatan pada masyarakat di desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja, Kampar. J. Sain dan Kesehatan. 7 (2): 131-133.

Ramayulis, R. (2013). Jus Super Ajaib. Jakarta Timur: Penebar Plus 30-33.

Wiguna, A. A., & Widyatami, L. E. (2016). Penerapan sistem tabulampot pada jenis tanaman mangga dan jeruk di kelurahan karangrejo kecamatan sumbersari kabupaten jember. Prosiding.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats