Evaluasi Galur-Galur Penyerbukan Sendiri Generasi S2 Jagung Manis (Zea mays var. saccharata Sturt.) : Review

Ummi Sasastri, Yusniwati Yusniwati, Agung Primatara M, P. K. Dewi Hayati

Sari


Jagung manis (Zea mays var. saccharata Sturt.) banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang manis, nilai ekonomis yang tinggi, juga memiliki masa produksi relatif lebih cepat dari jagung biasa. Peningkatan kualitas dan kuantitas jagung manis untuk memenuhi kebutuhan pasar dapat dilakukan dengan membentuk varietas unggul hibrida yang memiliki hasil dan produksi yang tinggi, tingkat kemanisan yang tinggi, penampilan yang baik dan tahan terhadap hama dan penyakit. Informasi tentang variabilitas fenotipik diperlukan sebagai acuan dalam proses membentuk jagung hibrida. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakter agronomis dan nilai variabilitas dari galur-galur penyerbukan sendiri generasi S2 jagung manis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan terdapat keragaman pada semua parameter pengamatan pada galur-galur yang berasal dari pedigree yang sama. Penilaian variabilitas fenotipik menunjukkan nilai yang luas pada karakter tinggi tanaman, umur bunga betina, umur bunga jantan, tinggi letak tongkol, berat tongkol dengan kelobot, berat tongkol tanpa kelobot, umur panen, dan panjang tongkol. Genotipe 926-4.5, 926-4.6, 989-2.2.9, INDx360/MM-1.4, INDx360/MM-1.9, Sby-1.1, Sby-1.3, Sby-1.5, Sby-2.4, SD-2.2.5 dan SD-2.2.6 memiliki penampilan agronomis yang baik dan dapat dilanjutkan untuk dievaluasi pada generasi selanjutnya.

Kata Kunci


jagung manis, galur S2, karakter agronomis, variabilitas fenotipik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[BPS] Badan Pusat Statistika. (2019). Impor. Statistik Perdagangan Luar Negeri.

Dewi-Hayati, P. K, Sutoyo, & Prasetyo. T. (2016). Penampilan Jagung Hibrida Hasil Silang-Tunggal dari Berbagai Kombinasi Persilangan Galur Inbrida. Jurnal Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon. 2(2) : 165-168.

Firdaos, E. R. (2018). Keragaman Karakter Komponen Hasil Beberapa Populasi S4 Jagung Manis (Zea mays var. saccharata Sturt). Jurnal Produksi Tanaman. 6(3) : 502-510.

Hanifah, N. F & D. Ruswandi. (2018). Variabilitas Fenotipik Komponen Hasil Galur Jagung Manis Padjajaran SR Generasi S3 di Arjasari. J. Agrotek Indonesia. 3(1): 39-43.

Robiā€™in. (2019). Teknik pengujian daya hasil jagung bersari bebas (komposit) di lokasi Prima Tani Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jurnal Teknik Pertanian 14(2): 45-49.

Syaifuddin, A. (2013). Uji daya hasil dan kualitas jagung manis (Zea mays var. saccharata Sturt.) genotipe SD-3 serta empat varietas pembanding di Kabupaten Majalengka. [Skripsi]. Bogor. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Syukur, M.& Rifianto A. (2013). Jagung Manis. Penebar Swadaya. Jakarta. 130 hal.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats