Implementasi Pembelajaran Merdeka Belajar Mahasiswa UPN Veteran Jatim pada Industri Alamanda Farm Berbasis sayuran

Sutini Sutini, Widiwurjani Widiwurjani, Nora Augustien, Didik Utomo Pribadi

Sari


Merdeka Belajar merupakan kebijakan yang telah dicanangkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Bapak  Nadiem  Anwar Makarimyang berdasar hukum pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020.  Merdeka Belajar–Kampus Merdeka bertujuan untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi agar semakin otonom, luwes, tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Artikel ini mereview sebagian kebijakan Kemendikbud yang implementasinya pada pemagangan kerja mahahasiswa di industri. Tujuan penulisan artikel ini adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman dan  keterampilan untuk bekal bekerja ketika kelak sudah lulus dari perguruan tinggi, serta industri dapat mengetahui bakat calon pegawai yang akan dipekerjakan pada industrinya dari peserta mahasiswa magang. Perwujudan dari kebijakan tersebut diantaranya dilakukan kegiatan pemagangan oleh mahasiswa UPN Veteran Jatim pada industri pertanian yang berbasis produk sayuran. Metode yang dilakukan pada penulisan artikel ini adalah kajian literatur yang diperoleh dari beberapa buku, jurnal, seminar-seminar dan sebagian data dari kegiatan pemagangan mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa kebijakan Merdeka Belajar –Kampus Merdeka terwujud dan terimplementasi dalam kegiatan pembelajaran tentang budidaya tanaman secara hidroponik. Kesimpulan yang diperoleh pada kegiatan pemagangan ini adalah mahasiswa dapat melakukan budidaya secara hidroponik mulai dari mempersiapkan peralatan, pembibitan, pemeliharaan, pemanenan hingga paska panen pada industri pertanian “Alamanda Farm” berbasis sayuran yang dapat merespon sebagian kebijakan Merdeka Belajar.

Kata Kunci


Merdeka Belajar–Kampus Merdeka, pembelajaran, pemagangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonymous. (2020). SOP Merdeka Belajar. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Di akses dari https://tp.ub.ac.id

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Dipresentasikan pada webinar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Dick, W., Carey, L., & James O.C. (2001). The sistematic design of instruction. New Jersey: Pearson.

Putri, K. (2021). Budidaya tanaman mint (mentha spp.) secara hidroponik dengan sistem NFT (Nutrient Film Technique) di Alamanda Farm desa Rangkah kidul, Sidoarjo. Program Studi Agroteknologi UPN “VETERAN” Jawa Timur.

Nadiem, A.M. (2020). Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Direktorat. Jakarta. Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Nurwardani P. (2020). Kampus Merdeka. Dipresentasikan pada webinar pada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Amin, M.I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1 (3): 161-169.

Uno, S. (2019). Arti ‘Link and Match’ Pendidikan dan Dunia Kerja. Di akses dari https://sevima.com/arti-link-and-match-pendidikan-dan-dunia-kerja/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats