Strategi Penguatan Ekonomi dan Edukasi Pertanian Melalui Digital Marketing Bagi UMKM Jasa Konveksi Seragam dan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati (Studi KKN Tematik UNS di Desa Sidomulyo, Kabupaten Purworejo)

Suminah Suminah, Naufal Akbar Gifary, Karenina Billy Nikensari

Abstract


Kegiatan sosialiasi digital marketing bagi UMKM jasa konveksi seragam sekolah ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam terkait teknologi digital sebagai suatu inovasi dalam usaha skala rumahan sekaligus memberikan peluang bagi UMKM konveksi seragam sekolah untuk bertranformasi menjadi UMKM berbasis digital yang saat ini menjadi sektor perekonomian baru. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang dimulai dari pengenalan digital marketing hingga cara memasarkan produk di platform Shopee yang meliputi cara membuka akun dan toko secara online. Pelatihan pembuatan pestisida nabati juga dilakukan sebagai edukasi pertanian kepada anak-anak usia sekolah dasar. Pembuatan pestisida nabati ini dilakukan untuk memberikan pengenalan kepada anak-anak sekolah dasar, bahwa pestisida dapat dibuat dengan bahan yang murah dan sederhana serta ramah lingkungan. Program ini diikuti dengan penuh antusias dan aktif oleh empat pelaku UMKM, dan siswa sekolah dasar di wilayah RW IV, Desa Sidomulyo, Kabupaten Purworejo sebagai rangkaian program kerja KKN tematik UNS di daerah tersebut.

Keywords


digital marketing, UMKM, pestisida nabati, bawang putih

Full Text:

PDF

References


Febriyantoro, M., T., dan Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2): 61-76.

Herhausen, D., Miočević, D., Morgan, R., and Kleijnen, M., H., P. 2020. “Digital marketing capabilities gap.” Industrial Marketing Management, 90, 276-290.

Novizan. 2002. Membuat dan Memanfaatkan Pestisida Ramah Lingkungan. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Ratna, P. W. K. B. 2009. Pengaruh Insektisida Nabati Ekstrak Bawang Putih (Allium sativum L.) Terhadap Mortalitas Kutu Daun (Myzus persicae Sulz) Tanaman Cabai Merah. Skripsi. Fakultas Teknobiologi Program Studi Biologi. Universitas Atmajaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Sabarudin. 2021. Aplikasi Pestisida Nabati Bawang putih (Allium sativum L.) untuk Pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman cabai (Capsicum annum L). Jurnal Agroekoteknologi Tropika Lembab. Volume 3, Nomor 2, Februari 2021

Selviana M. Dkk 2015 efektifitas ekstrak bawang putih dan tembakau terhadap kutu daun (Myzus persicae Sulz.) pada tanaman cabai (Capsicum sp.)

Tigauw, Selviana, Christina L. Salaki, dan Jusuf Manueke. 2015. Efektivitas Ekstrak Bawang Putih dan Tembakau terhadap Kutu Daun (Myzus persicae Sulz.) pada Tanaman Cabai (Capsicum sp.). Eugenia : Volume 21 No.3 Oktober 2015

Trinugroho, I., Pamungkas, P., Wiwoho, J., Damayanti, S., M., and Pramono, T. 2020. “Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia.” Finance Research Letters, 1-7.

Yenie, E., Elystia S., Kalvin, A., dan Irfhan, M. 2013. Pembuatan Pestisida Organik Menggunakan Metode Ekstraksi dari Sampah Daun Pepaya dan Umbi Bawang Putih. Jurnal Teknik Lingkungan.