Tradisi Panen Raya Guna Menunjang Branding Beras Organik di Desa Gentungan, Kabupaten Karanganyar

Nugroho Hasan, Rifka Atmajaya, Angelo Di Lorenzo, Aziz Kusuma Wardana, Ahmad Dzaki Hanan

Abstract


Desa Gentungan merupakan salah satu desa di Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Desa Gentungan memiliki potensi pertanian organik yang sangat besar. Desa Gentungan memiliki lahan pertanian organik 22 ha yang dikelola oleh Kelompok Tani Mulyo 1 yang beranggotakan 80 orang. Areal pertanaman padi organik telah memiliki sertifikasi organik sejak tahun 2010. Areal pertanaman padi organik dilengkapi dengan berbagai gazebo dan Wisata Pertanian Embung Setumpeng. Faktor pendukung lainnya yang sangat kuat yaitu modal sosial anggota Kelompok Tani Mulyo 1 yang senang gotong royong dan melestarikan tradisi lokal pertanian. Tradisi panen raya menjadi salah satu kearifan lokal Desa Gentungan. Tradisi panen raya akan menunjang branding pertanian organik Desa Gentungan. Kegiatan panen raya yang dilakukan meliputi pertunjukan reog, kirab gunungan tumpeng, pertunjukan wayang kisah pertanian organik, methik padi, dan kirab Mbok Sri kembali. Rangkaian panen raya dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi menggunakan metode participatory rural appraisal yang melibatkan seluruh anggota Kelompok Tani Mulyo 1 dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan. Panen raya ini bertujuan untuk meningkatkan branding beras organik Desa Gentungan dan meningkatkan daya tarik wisata pertanian Desa Gentungan. Hasil dari kegiatan ini yaitu peningkatan branding beras organik Desa Gentungan ke area Solo Raya melalui penawaran dalam kegiatan pameran UMKM dan pemasaran digital serta terjadi peningkatan pengunjung di Wisata Pertanian Embung Setumpeng menjadi 40 rombongan setiap pekannya.

Keywords


panen raya, branding, beras organik

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. T. 2018. Makna filosofis tradisi Sandur Manduro menyambut panen raya dalam perspektif Charles Sanders Pierce. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Harini, R., Aulia, D. N., Ningrum, E. C., Hanifah, K., Fitria, L., dan Dewanti, T. 2020. Kearifan Lokal Pertanian, Permasalahan, dan Arahan Strategi dalam Pengelolaan Pertanian di Desa Sembungan. Majalah Geografi Indonesia. Vol 34(2): 125-129. https://doi.org/10.22146/mgi.32310

Maulida, R. N. 2020. Tradisi upacara adat sedekah Panen Raya dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat kampung adat Kuta Desa Karangpaningal Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis tahun 2000-2019. Diploma Thesis UIN Sunan Gunung Jati.

Putra, A. G. P. H., Putri, A. A., Damayanti, A., Hakim, W. L., Salsabila, W. N., dan Akbarita, R. 2021. Manajemen Pemasaran Sayuran Hidroponik di Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 9(2): 216-227. https://doi.org/10.29313/ethos.v9i2.7028

Refisrul. 2015. MAIRIAK : Tradisi Masa Panen Padi di Minangkabau. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya. Vol 1(2): 264-282.

Regel, H., Mathoesz, J. N., dan Deeng, D. 2019. Upacara Adat Panen “Padi Baru/Bira Mahihawu” Masyarakat Suku Modole di Desa Bailengit Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara (Studi Antropologi). Jurnal Antropologi. Vol 12(4): 1-14.