Pemanfaatan Media Penyuluhan Pertanian Audio Visual di BPP Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Dedeh Kurniasih, Ayu Kurnia Illahi, Deliana Andam Sari, Yummama Karmaita

Abstract


Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) memiliki lima peran di antaranya adalah pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. Untuk mencapai keberhasilan Kostratani, penyuluh pertanian memiliki tugas sebagai pusat pembelajaran, di antaranya adalah mampu mengidentifikasi inovasi teknologi, sebagai demplot atau sekolah lapang, mampu mengimplemntasi inovasi teknologi, dan sebagai bimtek atau teleconference. Penyuluh Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat merencanakan kegiatan Kostratani di tahun 2021, sehingga perlu dilakukan optimalisasi pelayanan penyuluhan di wilayah tersebut. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan media penyuluhan digital. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan selama bulan Februari sampai Maret 2021 dengan tahapan kegiatan yang dilakukan survei pendahuluan, sosialsasi dan praktik pembuatan media penyuluhan digital. Media penyuuhan digital yang dibuat dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan aplikasi imooji. Selain menampilkan foto dan video, media penyuluhan juga disertakan suara, sehingga media yang dihasilkan menjadi menarik dan memperjelas pesan yang disampaikan penyuluh. Dengan demikian kedepannya kegiatan penyuluhan yang dilakukan lebih menarik dan meningkatkan antusias petani dalam mengikuti kegiatan penyuluhan.

Keywords


digital, media penyuluhan, penyuluh

Full Text:

PDF

References


Rustandi Y dan Warnaen A, 2019. Media Penyuluhan. Jakarta: BPPSDM Kementan.

Sumardjo dan Mulyandari RSH. 2011. Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Teknologi Informasi untuk Pemberdayaan Petani Sayuran. Proseding Hasil Pertanian IPB 2011. 472-480.

Wardani, Wardani and Oeng Anwarudin. 2018. “Peran Penyuluh Terhadap Penguatan Kelompok Tani Dan Regenerasi Petani Di Kabupaten Bogor Barat. Jurnal 2(1):191–200.

Yunandar, Detia Tri, Sunarru Samsi Hariadi, and Alia Bihrajihant Raya. 2019. “Students‟ Attitude towards Agricultural Entrepreneurship in Selected Vocational Indonesia.” Agricultural 23(2):147.