Penyuluhan kepada Kelompok Wanita Tani dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Lokal di Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam

Ernita Arif, Hery Bachrizal Tanjung, Sri Wahyuni, Roni Roni, Pazla Pazla, Basril Basyar, Yenny Oktavia

Abstract


Pantai Pasir Tiku merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Saat ini kawasan wisata ini sedang melakukan pembenahan-pembenahan. Salah satunya masalah adalah belum tersedianya ciri khas tertentu berupa cinderamata, pernik-pernik atau ikon daerah tersebut sehingga menarik bagi para pengunjung. Padahal banyak yang dapat dijadikan sebagai cinderamata terutama dari potensi lokal seperti limbah kelapa dan kulit loka. Namun samapai saat ini kedua limbah yang banyak tersedia ini belum dapat dioptimalkan untuk bernilai ekonomis. Disamping itu adanya kelompok-kelompok masyarakat terutama wanita tani belum diberdayakan untuk memanfaatkan potensi lokal tersebut, padahal mereka memiliki waktu yang banyak dan memiliki potensi untuk diberdayakan. Untuk itu pengabdian masyarakat ini hadir dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata berbasis potensi lokal. Melalui penyuluhan kepada kelompok masyarakat wanita tani di Kecamatan Tanjung Mutiara diharapkan dapat memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat. Penyuluhan dilaksanakan pada Tanggal 9 Oktober 2021 dengan materi penyuluhan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata serta pelatihan pemanfaatan potensi lokal dalam mendukung pengembangan pariwisata. Hasil penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat kelompok wanita tani untuk berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Keywords


penyuluhan, wanita tani, pariwisata, Pantai Pasir Tiku

Full Text:

PDF

References


Arif, Ernita. 2016. Perilaku Komunikasi Aparatur Pemerintah dan Masyarakat dalam Mendukung Kota Pariaman sebagai Tujuan Wisata di Sumbar. Laporan Penelitian Univeritas Andalas.

Bondra, M., Setiawan, P.S., Nilasari, P.F. 2018. Penelitian Serabut Kelapa Sebagai Material Lantai Ecofriendly dan Biodegradable. Jurnal Intra. 6 (2):431-436.

BPS. 2019. Kecamatan Tanjung Mutiara Dalam Angka. BPS Kabupaten Agam: CV. Sarana Multi Abadi.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta: Prenadamedia group.

Indahyani, T. 2011. Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa pada Perencanaan Interior dan Furniture yang Berdampak pada Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal Humaniora. 2 (1): 12- 23.

Rita, Defi Faffua. 2015. Tinjauan Kualitas Fasilitas Wisata Di Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Laporan penelitian Universitas Negeri Padang.

Web Kabupaten Agam. www.pemkabagam.go.id