Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Produk Olahan Kelapa U Neulheu (Kelapa Sangrai Giling) sebagai Bumbu Masakan Khas Aceh

Asmawati Asmawati, Normalina Arpi, Muhammadar Muhammadar, Eva Murlida

Abstract


Salah satu bentuk olahan kelapa yang berasal dari Aceh adalah kelapa sangrai giling (kelapa gongseng) atau u neulheu. U neulheu ini digunakan sebagai bumbu masak untuk menambah rasa, aroma dan kekentalan dari masakan khas Aceh. Hampir sebagian besar masakan Aceh menggunakan u neulheu seperti aneka gulai ayam, gulai itik, gulai daging, dan lain-lain. Permintaan u neulheu meningkat tajam pada bulan Maulid dan hari raya Islam. Prospek usaha u neulheu sangat menjanjikan, namun u neulheu hanya dapat dibeli di kedai atau pasar tradisional. Kemasan menggunakan plastik tipis yang sudah mudah rusak, tanpa indentitas apapun dan diikat dengan karet. Seringkali pada saat transportasi untuk dipasarkan ke kedai-kedai di pasar tradisional, beberapa bungkus u neulheu pecah sehingga minyaknya keluar dan mengotori bungkusan-bungkusan lain yang masih bagus. Oleh karena itu, perlu dilakukan transfer ilmu dan teknologi terhadap pengemasan u neulheu dengan melibatkan 3 mitra yang berlokasi di Kabupaten Aceh Besar. Melalui kegiatan pengabdian, tim pengabdi melakukan perbaikan kemasan, desain label kemasan, merancang plat penggongseng u neulheu. Mendesain label kemasan yang menarik yang menjadi identitas dari produk yang dihasilkan oleh ketiga mitra. Penggunaan kemasan cup dan pouch untuk pemasaran u neulheu di pasar modern dan pemasaan ke luar daerah telah dilakukan. Dari hasil kegiatan, terjadi peningkatan produksi u neulheu pada mitra 2 dan 3. Peningkatan jumlah produksi mitra 2 adalah 3 kali lebih banyak dibanding sebelum kegiatan, sedangkan mitra 3 adalah 6 kali lebih banyak dibanding sebelum kegiatan. Dengan peningkatan jumlah produksi u neulheu maka jumlah pendapatan mitra juga meningkat.

Keywords


U Neulheu, peningkatan kualitas, peningkatan kuantitas, kemasan

Full Text:

PDF

References


Arpi, N. 2013. Profil medium chain fatty acids (MCFA) dan sifat kimia minyak kelapa (Virgin Coconut Oil/VCO, minyaksimplah, pliek u, klentik, dan kopra) dibandingkan dengan minyak sawit. Sagu, Agricultural Science and Technology

Journal (Univ. Riau) 12:23-31.

Chang, C-L. & R-T Wu. 2011. Quantification of (+)-catechin and (-)-epicatechin in coconut water by LC-MS. Food Chemistry 126:710-717.

Fitriani. 2007. Penambahan antioksidan (tokoferol, lesitin dan asam askorbat) untuk memperbaiki karakteristik kelapa sangrai giling (u neulheu) selama penyimpanan. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Darussalam, Banda Aceh.

Katimon, M.N., Hassan, M.F., Tuparman, M.H, & Hamid, M.H.A. 2020. Preliminary Design Concept of Automatic Kerisik Packaging Machine. Journal of Industry, Engineering and Innovation, Vol 2 No 1.

Marten, B., Pfeuffer, M. & Schrezenmeir, J. 2006. Review: Medium-chain triglycerides. International Dairy Journal (2006) 16:1374-1382.

Nilawati, Iskandar, & Nurlaila. 2001. Pengaruh Tingkat Ketuaan Kelapa dan Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Kelapa Gongseng Giling. Balai Penelitian dan

Pengembangan Industri, Banda Aceh.

Sucipto, N., Suriasih, K., dan Kencana, P.K.D. 2003. Pengemasan Pangan: Kajian pengemasan yang aman, nyaman, efektif dan efisien. Udayana Universiti Press, Denpasar.