Pengabdian kepada Masyarakat Peningkatan Kualitas Usaha Keripik Talas Asyifa Oleh-oleh

I Ketut Budaraga, Wellas Sri Devi

Abstract


Talas merupakan bahan pangan lokal di Sumatera Barat mempunyai peranan penting untuk menjaga ketahanan pangan. Talas banyak dimanfaatkan sebagai makanan olahan didaerah-daerah. Permasalahan dijumpai pada UKM Asyifa Oleh-oleh perlu adanya peningkatan kualitas dan penerapan manajemen yang baik. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan tambahan informasi penerapan teori KAIZEN untuk peningkatan kualitas produsi kepada UKM Asyifa Oleh-oleh. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah kunjungan lapangan diserta dengan ceramah secara timbal balik dilakukan secara langsung dan daring. Dalam diskusi tidak bersifat menggurui agar pesan inovasi yang ingin disampaikan sampai kepada UKM. Materi diskusi yang disampaikan masalah penerapan teori KAIZEN yaitu UKM perlu adanya perencanaan produksi, proses produksi pengolahan talas yang baik, adanya control terhadap mutu produksi serta kegiatan aktivitas selanjutnya, artinya ada usaha peningkatan mutu secara terus menerus (continuous improvement). Hasil yang diperoleh UKM menyambut baik masukan tersebut, dan kedepan akan dilaksanakan secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan SDM yang dimiliki oleh UKM Asyifa Oleh-Oleh. Saat ini prospek pemasaran kripik talas cukup bagus, pemasaran sudah dilaksanakan di wilayah Sumatera Barat dan luar Sumatera Barat. Keripik Asyifa oleh-oleh belum dikemas dengan baik. Adanya UKM ini sangat membantu peningkatan pendapat masyarakat disekitarnya.

Keywords


produksi, keripik talas, kaizen, kualitas

Full Text:

PDF

References


Direktorat Gizi Departemen Kesehatan. 1972. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bharata. Jakarta. 57pp

Parkinson S. 1984. The Contribution Of Aroid in The Nutrition of People In South. The International Society for Tropical Root Crops. Oweri.

Muchtadi TR, Sugiyono. 1992. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. PAU. Bogor.

Suhandi, H.Hanafiah, P.Harsono, 2020. Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 10 No.2 (oktober 2019).

Direktorat Gizi Depkes RI 1982. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bharata. Jakarta. 57pp

Assauri, 1993. Manajemen produksi dan operasi. Lembaga penerbit. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Soekartowi, 1995. Analisis Usaha Tani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta