Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Anggota Kelompok Tani Pada Kegiatan Kawasan Mandiri Pangan Kepulauan di Kabupaten Sumba Barat

Yehezkiel Paulus Malo, Nanik Dara Senjawati, Juarini Juarini

Sari


Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia. Ketersediaan pangan  yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi. Kecukupan dan kelayakan mutu pangan berkaitan erat dengan masalah ketersediaan pangan (availability of food), daya beli dan akses kepada pangan, dan ketergantungan yang tinggi pada salah satu jenis pangan, seperti beras. Di samping itu, perilaku dan budaya yang membedakan perlakuan dalam pengaturan dan pembagian makan antar anggota keluarga juga berpengaruh terhadap pemenuhan kecukupan pangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keberhasilan anggota kelompok tani pada kegiatan Kawasan Mandiri Pangan Kepulauan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey serta pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan anggota kelompok tani Pada Kegiatan Kawasan Mandiri Pangan Kepulauan (KMPK). Penelitian dilakukan di Kawasan Loli yang merupakan kelompok pelaksana kegiatan kawasan mandiri pangan kepulauan dengan jumlah responden sebanyak 67 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor yang signifikan berpengaruh terhadap keberhasilan anggota Gapoktan pada kegiatan kawasan mandiri pangan kepulauan adalah norma kelompok, self efficacy, gaya kepemimpinan, penyuluhan pertanian dan pembinaan pamong desa sedangkan faktor-faktor yang tidak signifikan adalah motivasi, kohesi, interaksi, sikap.

Kata Kunci


keberhasilan, kawasan mandiri pangan, faktor internal dan eksternal

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats