Persepsi Petani terhadap Aplikasi RegoPantes sebagai Penunjang Program Petani Go Online dalam Penggunaannya untuk Media Pemasaran Hasil Panen di Desa Wonokerso Kabupaten Batang

Yulia Purnamarusi Karomah, Suwarto Suwarto, Suminah Suminah

Sari


Program petani go online merupakan salah satu implementasi dari pertanian berbasis internet yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika bersama beberapa pengembang aplikasi pertanian, salah satunya aplikasi RegoPantes. Pada awal tahun 2019, petani di Desa Wonokerso ini sudah jarang menggunakan aplikasi RegoPantes. Penurunan tingkat keaktifan individu terhadap suatu hal memiliki hubungan dengan persepsi individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pembentuk persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes, menganalisis persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes, menganalisis hubungan antara faktor-faktor pembentuk persepsi petani dengan persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes, mengetahui perbedaan persepsi antara pengurus dengan anggota kelompok tani mengenai aplikasi RegoPantes. Metode dasar penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik survey. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja di Desa Wonokerso Kabupaten Batang yang merupakan salah satu desa pengguna aplikasi RegoPantes. Jumlah petani dalam penelitian sebanyak 53 orang. Analisis data menggunakan analisis lebar interval, korelasi rank spearman, dan analisis uji beda mann-u whitney dengan menggunakan program IBM SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan pendidikan formal petani berada pada kategori rendah, pendidikan non formal petani kategori tinggi, pengalaman individu petani kategori rendah, harapan petani terhadap aplikasi kategori tinggi, akses informasi terhadap aplikasi kategori sedang, dan dalam kelompok tani jumlah anggota kelompok tani lebih besar daripada jumlah pengurus kelompok tani. Persepsi petani terhadap aplikasi RegoPantes yang meliputi kegiatan mengunggah produk, besaran permintaan produk, persiapan penjualan produk, pengiriman produk dan penerimaan hasil penjualan, berada pada kategori baik, Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pendidikan non formal, harapan, dan akses informasi dengan persepsi petani terhadap aplikasi. Faktor pendidikan formal dan pengalaman tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi petani terhadap aplikasi. Persepsi antara pengurus kelompok tani dengan anggota kelompok tani terhadap aplikasi tidak memiliki perbedaaan persepsi yang signifikan.


Kata Kunci


persepsi, petani, aplikasi, program petani go online, pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats