Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bale Branti di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Yetty Novita Sebayang, Bekti Wahyu Utami, Hanifah Ihsaniyati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki oleh Bale Branti serta merumuskan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dapat diterapkan oleh Bale Branti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive (sengaja), yaitu di BUMDes Bale Branti. Analisis data yang digunakan adalah (1) Matriks IFE dan Matriks EFE, (2) Matriks IE dan Matriks SWOT, (3) QSPM. Hasil penelitian menunjukkan analisis dari matriks IFE memiliki total nilai tertimbang sebesar 2,8918 mengindikasikan bahwa Bale Branti cukup kuat secara internal dalam memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan yang dimiliki. Total nilai tertimbang faktor eksternal kunci adalah sebesar 2,7419. Hal ini mengindikasikan bahwa Bale Branti dapat memanfaatkan peluang yang sudah ada dalam mengantisipasi ancaman eksternal. Matriks SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi yang nantinya akan ditentukan daya tariknya pada matriks QSP sehingga diketahui prioritas strategi yaitu melakukan kegiatan promosi dengan masif dengan total nilai daya tarik 6,8191.

Kata Kunci


Komunikasi Pemasaran Terpadu; BUMDes; SWOT; QSPM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


David, F. R. 2009. Manajemen Strategis: Konsep. Edisi Kedua belas. (Dono Sunardi. Alih Bahasa). Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. (Bob Sabran. Alih Bahasa). Erlangga. Jakarta.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenada Media Group. Jakarta.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Pelangi Aksara Yogyakarta. Yogyakarta.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. PT Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats