Strategi Diseminasi Inovasi Microgreens di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP)

Uswatun Nurul Ashofah, Nurul Wahidah Rahmatika, Sofiah Rohmania Ulfa, Sulis Setyorini, Eksa Rusdiyana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi diseminasi inovasi microgreens yang dilakukan oleh Balai Besar Pengkajan dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP). Microgreens merupakan tanaman yang dipanen pada umur 7-14 hari setelah berkecambah. Oleh karenanya, microgreens menjadi salah satu inovasi yang dapat diadopsi oleh semua khalayak baik anak-anak sampai orang dewasa. Hal ini yang mendorong dalam penyusunan strategi diseminasi microgreens di BBP2TP. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, foto, observasi dan dokumentasi. Validitas data ditentukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik khalayak sasaran berpengaruh pada strategi diseminasi microgreens, dimana materi inovasi disampaikan secara berbeda menurut kelompok usia. Dua strategi dalam desiminasi inovasi microgreens dilakukan dengan kunjungan dan media sosial.

Kata Kunci


Diseminasi, Inovasi, Microgreens, Strategi

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats