Pengaruh Indigofera sp. sebagai Suplemen Pengencer Semen terhadap Persentase Hidup dan Membran Plasma Utuh Spermatozoa Kambing Peranakan Etawa

Trista Hanandya Puteri, Enny T. S., Yon S. O.

Sari


Indigofera sp. merupakan salah satu hijauan yang didalamnya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Protein dan energi merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh sperma saat proses pengenceran. Diharapkan dengan memperkaya pengencer dengan Indigofera sp. dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan sperma saat proses pengenceran dan dihapkan dapat mempertahankan persentase hidup dan membran plasma utuh sperma. Terdapat antibiotik juga yang diharapkan dapat mencegah radikal bebas saat proses pengenceran.

Kata Kunci


sperma; Indigofera sp.; pengencer; persentase hidup; membran plasma utuh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsiwan, T. Saili, L. O. Baa dan S. Rahadi. 2014. Membran plasma utuh spermatozoa epididymis kambing Peranakan Ettawa dalam natrium klorida dengan konsentrasi berbeda. JITRO. 1(1): 79-87.

Cahyadi, T. R. T., M. Christiyanto dan E. T. Setiatin. 2016. Persentase hidup dan abnormalitas spermatozoa kambing peranakan etawah (PE) dengan pakan yang disuplementasi daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis). Animal Agriculture Journal. 5(3): 23-32.

Herdiawan, I. dan R. Krisnan. 2014. Produktivitas dan pemanfaatan tanaman leguminosa pohon Indigofera zollingeriana pada lahan kering. Wartazoa. 24 (2): 75 – 82.

Herdis. 2017. Karakteristik semen segar Domba Garut tipe laga pada tiga waktu penampungan semen. Zoo Indonesia. 26(1): 8-19.

Hidyati. N., R. I. Arifiantini dan D. Sajuthi. 2015. Preservasi semen kambing Peranakan Etawa dalam pengecer tris dan sitrat kuning telur dengan penambahan Sodium Dodecyl Sulphate. Jurnal Veteriner. 16(3): 334-342.

Husin, N., T. Suteky dan Kususiyah. 2007. Uji kualitas semen kambing Nubian dan peranakannya (Kambing Nubian X PE) serta kambing Boer berdasarkan lama penyimpanan. Jurnal Sain Peternakan Indonesia. 2(2): 57-65.

Juwita, I. 2016. Pengaruh Berbagai Jenis Media Tumbuh Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Legum Tanaman Nila (Indigofera sp.). Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makasar. (Skripsi Mahasiswa Peternakan).

Lestari, T. P. S., M. N. Ihsan dan N. Isnaini. 2014. Pengaruh waktu simpan semen segar dengan pengencer andromed pada suhu ruang terhadap kualitas semen kambing boer. J. Ternak Tropika. 15(1): 43-50.

Palupi, R., L. Abdullah., D. A. Astuti dan Sumiati. 2014. Potensi dari pemanfaatan tepung pucuk Indigofera sp. sebagai bahan pakan subtitusi bungkil kedelai dalam ransum ayam petelur. JITV. 19(3): 210-219.

Putranti, O. D., Kustono dan Ismaya. 2010. Pengaruh penambahan Crude Tannin pada sperma cair kambing Peranakan Etawa yang disimpan selama 14 hari terhadap viabilitas spermatozoa. Buletin Peternakan. 34(1): 1-7.

Souhoka, D. F. S., M. J. Matatula, W. M. Mesang - Nalley dan M. Rizal. 2009. Laktosa mempertahankan daya hidup spermatozoa kambing Peranakan etawa yang dipreservasi dengan plasma semen domba priangan. Jurnal Veteriner. 10(3): 135-142.

Tarigan, A., J. Sirait dan S. P. Ginting. 2013. Produksi dan komposisi nutrisi Indigofera sp. pada intensitas pemotongan dan jarak tanam yang berbeda di dataran tinggi dengan curah hujan sedang. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Loka Penelitian Kambing Potong. 2013. Sumatera Utara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats