Pemanfaatan Tepung Daun Gamal dan Daun Cekuti sebagai Pengganti Poultry Meat Meal terhadap Profil Lemak Darah Kalkun pada Fase Grower

Septian Dwi Cahya, Fajar Wahyono, Vitus Dwi Yunianto

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengkaji tentang kandungan kolesterol, trigliserida, High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL) pada darah kalkun. Manfaat dari hasil penelitian ini adalah menginformasikan profil lemak darah yang mendapat perlakuan berupa penggantian sumber protein hewani dengan protein nabati. Materi yang digunakan yaitu 100 ekor kalkun umur 10 minggu dengan jenis kelamin acak (unsexing) serta ransum yang disusun dari jagung, bekatul, bungkil kedelai, PMM, premik, gamal dan cekuti. Rancangan yang digunakan yaitu rancangan acak kelompok (RAK) dengan komponen yang diamati yaitu 4 kelompok, 5 perlakuan dan 5 ulangan. Kelompok dibagi berdasarkan bobot badan, yaitu K1 (300-375g); K2 (376-450g); K3 (451-525g) dan K4 (526-600g). Perlakuan yang diberikan yaitu T0 (ransum basal dengan penggunaan PMM 10% dari total ransum), T1 (ransum dengan penggantian 50% PMM dengan tepung daun gamal), T2 (ransum dengan penggantian 100% PMM dengan tepung daun gamal), T3 (ransum dengan penggantian 50% PMM dengan tepung daun cekuti) dan T4 (ransum dengan penggantian 100% PMM dengan tepung daun cekuti). Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu kandungan kolesterol, trigliseria, HDL dan LDL dalam darah kalkun. Analisis data menggunakan analisis ragam pada taraf signifikasi 5% yang apabila terdapat pengaruh perlakuan maka akan dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan. Hasil penelitian yang diperoleh setelah diberi perlakuan berupa penggantian PMM dengan tepung daun gamal dan daun cekuti yaitu kandungan kolesterol dan trigliserida tidak berpengaruh nyata (P>0,05) tetapi pada parameter HDL dan LDL menunjukan hasil yang berbeda nyata (P<0,05). Kesimpulan yang didapatkan yaitu pemanfaatan hijauan yang memiliki potensi sebagai pengganti Poultry Meat Meal (PMM) ditunjukan oleh ransum T4 (ransum dengan penggantian 100% PMM dengan tepung daun cekuti) karena selain kolesterol dan trigliserida yang sama dengan perlakuan kontrol perlakuan ini mampu meningkatkan kandungan HDL dan menurunkan kandungan LDL.


Kata Kunci


HDL; Kalkun; Kolesterol; LDL; Trigliserida

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basmacioglu, H. and M. Ergul. 2005. Research on the factor affecting cholesterol content and some other characteristics of eggs in laying hens. Turk. J. Vet. Anim . Sci. 29:157-164.

Dewi, K. P. 2018. Pengaruh Pemberian Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Persea americana dan Annona squammosa Terhadap Kadar Triglisirida Tikus Rattus Novergieus Hiperlipidemia. Universitas Muhammadyah Malang, Malang. (Disertasi).

Hardhani, A. S. 2008. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Salam (Eugenia Polyantha) terhadap Kadar Trigliserida Serum Tikus Jantan Galur Wistar Hiperlipidemia. Faculty of Medicine. (Doctoral dissertation)

Hartini, M dan P A. Okid, 2009. Kadar kolesterol darah tikus putih (Rattus norvegicus) hiperkolesterolemik setelah perlakuan VCO. J. Bioteknologi. 6 (2): 55 – 62.

Mangisah, I. 2003. Pemanfaatan Kunyit dan Temulawak Sebagai Upaya Menurunkan Kadar Kolesterol Broiler. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang. (Skripsi).

Mas, I. K. G. Y. 2009. Analisis Statistika dalam Percobaan Satu Faktor untuk Ilmu Peternakan. Laboratorium Biometrika Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang. (Skripsi)

Nurwahyunani, A. 2006. Efek Ekstrak Daun Sambung Nyawa Terhadap Kadar Kolesterol LDL dan Kolesterol HDL Darah Tikus Diabetik Akibat Induksi Streptozotocin. Universitas Negri Semarang, Semarang. (Disertasi).

Reeves, P. G., F. H. Nielsen, G. C. Fahey. 1993. AIN-93 Purified Diets for Laboratory Rodents: Final Report of the American Institute of Nutrition ad Hoc Writing Committee on the Reformulation of the AIN-76A Rodent Diet. J.l of Nutrition. 123 :1939-1951.

Ronodihardjo, S. dan E. Suprijatna, 1989. Pola pemeliharaan dan performans produksi kalkun pada pemeliharaan kondisi pedesaan. Proceedings Seminar Nasional Tentang Unggas Lokal. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang.

Setiawati, T., Atmomarsono, U., dan Dwiloka, B. 2014. Pengaruh Pemberian Tepung Daun Kayambang (Salvinia molesta) terhadap Bobot Hidup, Persentase Lemak Abdominal dan Profil Lemak Darah Ayam Broiler. Sains Peternakan: J. Penelitian Ilmu Peternakan, 12(2), 86-93.

Siswohardjono, W. 1982. Beberapa Metode Pengukuran Energi Metabolis Bahan Makanan Ternak Itik. Makalah Seminar Fakultas Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Skripsi)

Suprijatna, E., Prayitno, D. S., Ardiningsasi, S. M., & Inayah, A. 2010. Performans produksi dan efisiensi penggunaan protein ransum pada kalkun lokal yang dipelihara secara intensif diberi ransum mengandung daun kobis (Brassica oleracea var capitata) afkir. dalam: Prosiding Seminar Nasional Unggas Lokal ke IV “Strategi Pengembangan Industri Perunggasan Berbasis Ternak Unggas Lokal dalam Rangka Menghadapi Krisis Pangan Guna Meningkatkan Mutu Kesejahteraan Masyarakat Indonesia”. Semarang, 07 OKTOBER 2010.

Suryani, A. A. 2012. Komposisi Asam Lemak dan Kolesterol Belut Sawah (Monopterus albus) Akibat Penggorengan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Tesis)

Yulianti, W., Murningsih, W., & Ismadi, V. D. Y. B. 2013. Pengaruh penambahan sari jeruk nipis (citrus aurantifolia) dalam ransum terhadap profil lemak darah itik magelang jantan. J. Animal Agriculture. 2(1), 51-58.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats