Pengaruh Penambahan Kulit Singkong Fermentasi dengan Bakteri Asam Laktat sebagai Aditif Pakan terhadap Produksi Karkas Ayam Kampung Super

Niken Mega Selviana, E. Suprijatna, L. D. Mahfudz

Sari


Dewasa ini telah dikembangkan aditif pakan kombinasi antara prebiotik dan probiotik sebagai pengganti antibiotik growth promotor. Beberapa bahan pakan lokal dari limbah hasil agroidustri dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi biaya pakan yang tinggi, tetapi dapat dimanfaatkan sebagai aditif pakan. Prebiotik yang digunakan berupa limbah kulit singkong dan probiotik berupa bakteri asam laktat. Limbah kulit singkong merupakan limbah agroindustri dari hasil pertanian  yang memiliki potensi cukup tinggi di Indonesia yaitu sebesar 3.327.188,6 ton/ tahun (BPS, 2008). Limbah kulit singkong dengan potensinya yang cukup tinggi memiliki kandungan 21,20 % serat kasar, 4,80% protein kasar, 1,22% lemak kasar, bahan kering 32,61%, 0,36% kalsium, 0,11% phospor dan energi metabolism (EM) sebesar 2960 kkal/kg (Devendra, 1997). Namun kulit singkong memiliki kelemahan yaitu kadar serat kasar dan HCN yang tinggi, maka sebelum digunakan sebagai bahan pakan perlu diolah terlebih dahulu.

            Kandungan serat kasar yang tinggi pada kulit singkong dapat menjadi kendala yang dapat membatasi pemanfaatan limbah kulit singkong sebagai aditif pakan unggas. Kandungan serat kasar tersebut sebanding dengan kandungan oligosakarida yang tinggi (Hidayat, 2009). Kandungan oligosakarida yang tinggi dapat dimanfaatkan sebagai tempat berkembangnya mikrobia non patogen Bakteri Asam Laktat (BAL)  yang ada di dalam saluran pencernaan. Kandungan oligosakarida dalam limbah kulit singkong dapat menyediakan nutrisi untuk bakteri asam laktat sehingga menghasilkan energi yang dapat dimanfaatkan oleh bakteri asam laktat sp  sebagai pakan untuk meningkatkan populasi BAL dalam saluran pencernaan karena BAL dapat mencerna kandungan serat kasar yang tinggi.


Kata Kunci


ayam kampung super; aditif pakan; limbah kulit singkong; bakteri asam laktat; produksi karkas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdel-Raheem , S. M., S. M. S. Abd- Allah dan K. M. A. Hassanein. 2012. The effects of prebiotic, probiotic and synbiotic supplementation on intestinal microbial ecology and histomorphology of broiler chickens. International J. Agro Veterinary and Medical Sci. 6 (4) : 277 289.

Akhadiarto, S. 2010. Pengaruh Pemberian Probiotik Temban, Biovet dan Biolacta Terhadap Persentase Karkas, Bobot Lemak Abdomen dan Organ Dalam Ayam Broiler. J. Sains dan Teknologi Indonesia 12 (1) : 53 – 59.

Badan Pusat Statistik. 2008. Peningkatan Produksi Singkong di Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Brake, J., G.B. Havesten, S.E. Scheideler, F.R. Ferket and D.V. Rives. 1993. Relationship of sex, age and body weight to broiler carcass yield and ofal production. Poult. Sci. 71: 1137-1145.

Chaiyasut, C., T. Pattananadecha, S. Sirilun, P. Suwannalert, S. Peerja dan B. S. Sivamaruthi. 2017. Synbiotic preparation with lactic acid bacteria and inulin as a functional food: in vivo evaluation of microbial activities and preneoplastic abberant crypt foc


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats