Menentukan Alternatif Strategi Pengembangan Agribisnis Cabai Merah di Kabupaten Sleman dengan Analisis Grand Strategy

Fadli Akbar Lubis, Mohamad Harisudin, Rhina Uchyani Fajarningsih

Sari


Petani di Kabupaten Sleman saat ini hanya berkontribusi di bidang usaha tani tingkat produksi (on-farm) dengan nilai tambah atau keuntungan yang relatif kecil. Sementara subsistem pengolahan dan pemasaran (off-farm) cenderung tidak ditangani oleh mereka sebagai petani tetapi oleh pedagang atau pebisnis lainnya. Pengembangan agribisnis cabai merah adalah salah satu alternatif dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif strategi pengembangan agribisnis cabai merah di Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember tahun 2018 hingga Januari tahun 2019 dengan mewawancarai 11 responden yang dianggap sebagai key informan. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitik berbasis data primer dan sekunder. Perumusan alternatif strategi dianalisis dengan membuat matrik IFE dan EFE, kemudian dilanjutkan denganĀ  grand strategy. Berdasarkan analisis grand strategy, maka posisi bersaing agribisnis cabai merah berada pada kuadran I (pertumbuhan pasar yang tinggi dan posisi kompetitif yang kuat).


Kata Kunci


agribisnis; cabai merah; grand strategy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adimihardja, A. 2006. Strategi Mempertahankan Multifungsi Pertanian Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Volume 25, Nomor 3.

Antriyandarti, E & Ani, S.W. 2015. Pengembangan agribisnis cabai merah (Capsicum annuum L) Di Kabupaten Magelang. Media Trend Vol. 10 No. 1, hal. 47-56.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. 2018. Sleman Dalam Angka 2018. Kabupaten Sleman. Retrieved from https://slemankab.bps.go.id.

Bungin, B. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenadamedia.

David, F. 2009. Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Alih Bahasa: Dono Sunardi. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, N,T., Ustriyana, I.N.G., & Djelantik, A.W.S., 2016. Strategi Pemasaran Cabai Merah Pada Sub Terminal Agribisnis Manik Mekar Nadi. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata Vol. 6, No. 2.

Direktorat Jenderal Hortikultura. 2015. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Hortikultura 2015-2019. Dirjen Hortilkultura R.I. Jakarta. Retrieved from http://hortikultura.pertanian.go.id.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian. 2015. Peraturan Menteri Pertanian No. 06 Tahun 2015. Tentang Pedoman Dalam Pengembangan Usaha Agribisnis Di Perdesaan. Jakarta. Retrieved from http://psp.pertanian.go.id.

Kementrian Pertanian. 2015. Outlook Cabai. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Jakarta. Retrieved from http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Rangkuti, F. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Samadi, B. 2007. Budidaya Cabai Merah Secara Komersial. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats