Aspek Kognitif Petani terhadap Burung Hantu sebagai Agensia Hayati Pengendalian Tikus di Daerah Istimewa Yogyakarta

Rahima Kaliky, Kiki Yolanda, Sudarmaji Sudarmaji

Sari


Burung hantu (Tyto alba) telah diperkenalkan sebagai agensia hayati pengendalian tikus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagaimanakah aspek kognisi petani terhadap manfaat burung hantu tersebut? untuk mengetahui hal itu telah dilakukan  penelitian yang bertujuan untuk mengetahui aspek kognitif petani terhadap burung hantu sebagai agensia hayati pengendalian tikus di Daerah ini. Penelitian dilakukan di Desa Sidorejo Kecamatan Godean Kabupaten Sleman, Desa Argorejo dan Argosari Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul dan Desa Banjarasri Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo. Penentuan lokasi penelitian secara purposif dengan pertimbangan di lokasi tersebut terdapat rumah burung hantu. Dari masing-masing kabupaten diambil sampel petani sebanyak 30 orang sehingga total sampel mencapai 90 orang. Penentuan sampel menggunakan metode acak sederhana. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif dengan pendekatan skoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor dari keseluruhan  item pernyataan objek sikap adalah 3,2 dan dibulatkan menjadi 3 yang termasuk kategori kurang yakin, sehingga dapat disimpulkan bahwa petani padi sawah di DIY memiliki sikap kurang yakin dari aspek kognitif terhadap objek sikap manfaat burung hantu sebagai agensia hayati pengendalian tikus. dengan kata lain objek sikap tersebut kurang sejalan dengan pengetahuan dan atau  pengalaman dimiliki petani.


Kata Kunci


aspek kognitif, burung hantu, agensia hayati, hama tikus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar,S. 2007. Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya. Edisi ke 2.Penerbit. Pusat Pelajar. Yogyakarta.

Hendayana, 2016. Persepsi dan Adopsi Teknologi. Landasan Teoritis dan Praktik Pengukuran. Penerbit IAARD Press. Badan penelitian dan pengembangan Pertanian. Jakarta

Kementrerian Pertanian. 2014. Pembuatan dan Pemasangan Rubuha (Rumah Burung Hantu). http://cybex.pertanian.go.id. Diakses 12 Maret 2018.

Mangoendihardjo, S. 2003. Peluang dan tantangan dalam produksi massal serta pemasaran agens pengendalian hayati serangga hama. Prosiding Simposium Pengendalian Hayati Serangga, Sukamandi, 14-15 Maret 2001. Sukamandi.

Paiman dan Muhammad Kusberyunadi. 2015. Upaya Konservasi Burung Hanti (Tyto Alba) untuk Mengendalikan Hama Tikus Sawah di Desa Banyurejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Press. Yogyakarta.

Setiawan. 2004. Tyto Alba Sahabat Petani. Lembaga Gita Pertiwi. Ngawi, Jawa Timur.

Van den Ban, A.W dan H.S. Hawkins. 1999. Penyuluhan Pertanian. Kanisius. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.