Identifikasi Pelaku Jaringan Rantai Pasok Buah Mahkota Dewa di Kabupaten Kulon Progo

Susanawati Susanawati, Diah Rina Kamardiani, Eni Istiyanti

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pelaku dan jaringan rantai pasok buah mahkota dewa di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian dilakukan di Kabupaten Kulon Progo karena di wilayah tersebut merupakan sentra produksi buah mahkota dewa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu di Kabupaten Kulon Progo terdapat satu perusahaan yang mengolah buah mahkota dewa menjadi teh mahkota dewa. Data yang digunakan berupa data primer yang dianalisis secara deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam pelaku dalam jaringan rantai pasok buah mahkota dewa di Kabupaten Kulon Progo, yaitu petani, pedagang pengumpul, perusahaan (PT Salama Nusantara), agen, konsumen. Jenis kelamin petani jumlahnya seimbang antara laki-laki dan perempuan. Sebaran umur petani merata dari usia muda sampai tua dengan status mayoritas sudah menikah. Tingkat pendidikan petani berada pada tingkat SD dan SMA. Petani mayoritas melakukan panen dua kali dalam satu tahun. Jumlah penjualan kurang dari 25 kilogram sekali penjualan. Bentuk penjualan sebagian besar bentuk segar, jika berbentuk kering sudah dipotong. Cara pembayaran dilakukan tunai dengan harga jual Rp 2.500 untuk bentuk  segar dan Rp 25.000  untuk  kering dan dipotong. PT Salama Nusantara mengolah buah mahkota dewa  menjadi teh mahkota dewa dengan kemasan plastik dan karton. Distributor teh mahkota dewa sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berusia muda, dan tingkat pendidikan SD. Konsumen teh mahkota dewa sebagian besar berusia muda,dengan jenis kelamin hampir seimbang jumlahnya antara laki-laki dan perempuan. Tingkat pendidikan konsumen sebagian besar SMA dan bekerja sebagai pedagang dengan pendapatan tiga sampai empat juta rupiah. 


Kata Kunci


Buah mahkota dewa; pelaku; jaringan; rantai pasok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Copra, S. And Meidl, P. 2004. Supply Chain Management Strategy, Planning, and Operation (2nd ed). New Jersey : Pearson Education International.

Hermanto. Ning. 2002. Mahkota Dewa:Obat Pusaka Para Dewa(Online). http://mahkotadewa.com/blog/buku diakses tanggal 16 November 2015.

Indajit, Richardus Eko dan Djokopranoto, R. 2003. Konsep Manajemen Supply Chain: Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan bagi Perusahaan Modern di Indonesia. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Nazir, M. 1989. Metode Penelitian. Ghalia. Indonesia. Jakarta.

Pujawan, I.Nyoman, dan E.R. Mahendrawati, 2010. Supply Chain Management. Guna Widya. Surabaya.

Rangkuti. 1997. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Singarimbun,M. Dan S. Effendi, 1989. Metode Penelitian Survei. Lembaga Penelitian dan Pendidikan dan peneangan Ekonomi Sosial (LP3ES). Jakarta.

Subyantoro, A. dan F.X. Suwarto, 2007. Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Vorst, J.G.A.J. van der. 2004. Supply Chain Management : Theory and Practice. The Emerging World of Chains and Networks. T. Camps, P. Diederen, G.J. Hofstede, B. Vos (Eds). Elsevier, Hoofdstuk.

Widodo, E. Dan Mukhtar, 2000. Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Avyrous. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.